Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Waktunya untuk Mati", Kata Jam Dinding kepada Pasien RS

Kompas.com - 13/12/2013, 08:31 WIB
PARIS, KOMPAS.COM — Sejumlah dokter di sebuah rumah sakit di Inggris terkejut ketika seorang pasien dengan marah mengatakan kepada mereka bahwa jam dinding di bangsalnya mengumumkan waktunya untuk hidup sudah habis. Demikian lapor British Medical Journal (BMJ), Kamis (12/12/2013).

"Jam dinding itu bilang kepadaku untuk mati," kata para dokter itu, yang mengutip perkataan si pasien, dalam sebuah laporan kasus yang tidak biasa.

"Saat menengok ke dinding, kami mengonfirmasi bahwa jam itu memang bilang 'die,'" kata dokter spesialis rematologi Stuart Carter dan Fiona Fawthrop dari Rumah Sakit Royal Hallamshire di Sheffield, Yorkshire, Inggris. Kata die dalam bahasa Inggris berarti 'mati' atau 'meninggal'.

"Kami kemudian menemukan bahwa bahasa yang digunakan pada jam dinding itu telah beralih ke bahasa Jerman dan menampilkan singkatan dari kata Dienstag yang dalam bahasa Jerman berarti 'hari Selasa'. Kami dengan cepat memperbaiki jam dinding itu dengan menekan beberapa tombol untuk menampilkan singkatan dalam bahasa Inggris, Tue (untuk kata Tuesday atau 'Selasa' dalam bahasa Inggris). Untungnya, itu sama sekali bukan waktunya bagi pasien itu untuk mati."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com