Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menlu AS Mendadak Kunjungi Mesir

Kompas.com - 03/11/2013, 21:35 WIB
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry mengunjungi Mesir secara tiba-tiba pada saat ia memulai tur mengunjungi beberapa negara di wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara.

Kerry yang merupakan pejabat paling senior Amerika akan mengunjungi Mesir sejak tersingkirnya Presiden Mohammed Morsi pada bulan Juli lalu dan akan berada di sana hanya beberapa jam.

Kunjungan ini dirahasiakan oleh para pejabat AS sampai ia mendarat, meskipun media pemerintah Mesir memang mengumumkan kedatangannya.

Ini adalah kali pertama Menlu AS melakukan perjalanan ke Mesir secara mendadak untuk alasan keamanan karena dilakukan pada saat terjadi ketegangan antara Washington dan Kairo.

Wartawan BBC Kim Ghattas yang bepergian dengan Kerry mengatakan itu adalah jenis tindakan pencegahan yang sering dilakukan pejabat AS ketika bepergian ke negara-negara seperti Afganistan dan Irak.

Ini adalah tanda kekhawatiran AS tentang lanjutan ketidakstabilan di negara ini, dan juga reaksi terhadap tingginya tingkat kebencian anti-merika di Mesir, lapora BBC.

Meskipun Washington belum menyatakan penggulingan presiden terpilih Mohammed Mursi sebagai kudeta, secara de facto negara ini telah menghentikan bantuan militer ke Mesir.

Hal ini telah membuat marah para pendukung tentara militer di Mesir, sementara para pendukung Ikhwanul Muslimin juga merasa AS telah mengecewakan mereka.

Sehari sebelum sidang

Kunjungan Kerry dilakukan tepat sehari sebelum sidang Mursi pada Senin (04/11) besok.

Namun Departemen Luar Negeri mengatakan kunjungan ini tidak terkait dengan persidangan.

Kerry akan bertemu dengan para pemimpin sementara yang memegang kendali yaitu Presiden Mahmud Adly Mansour, Perdana Menteri Hazem el-Beblawi, menteri luar negeri dan kepala militer Jenderal Abdel Fattah al-Sisi.

Ia juga dilaporkan melakukan pertemuan tertutup dengan anggota masyarakat sipil Mesir karena keprihatinan atas tewasnya ratusan orang di negara itu.

Negara-negara lain yang akan dikunjungi Kerry pada tanggal 03-12 November yaitu Arab Saudi, Israel, Yordania dan Maroko. Setelah kunjungan Mesir itu, Kerry akan pergi ke ibukota Arab Saudi, Riyadh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com