Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Arab Saudi, Tiga Suami-Istri Bercerai Setiap Jam

Kompas.com - 22/10/2013, 18:58 WIB
RIYADH, KOMPAS.com — Jumlah kasus perceraian di Arab Saudi sepanjang 2012 mencapai lebih dari 30.000 kasus, dengan rata-rata 82 kasus perceraian sehari atau hampir tiga perceraian setiap jam.

Hasil mengejutkan ini merupakan sebuah penelitian yang dilakukan unit riset ekonomi harian Al-Eqtisadiah.

Berdasarkan penelitian itu, angka rata-rata kasus perceraian di Arab Saudi mencapai 2,5 kasus tiap 1.000 pria berusia di atas 15 tahun. Jumlah ini menempatkan Arab Saudi di posisi kedua dalam jumlah kasus perceraian terbanyak di antara negara-negara Teluk, setelah Bahrain.

Angka perceraian sepanjang 2012 itu meningkat cukup tajam dibandingkan dua tahun sebelumnya yang "hanya" tercatat 75 kasus perceraian sehari.

Data Kementerian Kehakiman Arab Saudi menunjukkan 90 persen kasus perceraian melibatkan pria Saudi yang menikahi perempuan Saudi, yaitu sebanyak 27.000 kasus.

Di posisi kedua, kasus perceraian yang melibatkan pria non-Saudi yang menikahi perempuan Saudi, yaitu sebanyak 2.174 kasus atau tujuh persen dari keseluruhan kasus perceraian.

Di tempat ketiga, kasus perceraian yang melibatkan pria Saudi dan perempuan non-Saudi sebanyak 575 kasus perceraian.

Dibandingkan negara-negara Teluk, Arab Saudi berada di peringkat kedua untuk urusan perceraian ini. Peringkat pertama adalah Bahrain, lalu Oman di peringkat ketiga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com