Kompas.com - 22/10/2013, 12:32 WIB
EditorEgidius Patnistik
MIAMI, KOMPAS.COM — Glenn Greenwald, mantan wartawan The Guardian yang membongkar banyak cerita terbaru tentang rahasia program pemantauan AS, menyatakan pada Senin (21/10/2013) bahwa semua negara Amerika Latin telah dimata-matai oleh Washington.

Saat berbicara kepada sebuah asosiasi pers, ia mengatakan dirinya akan melaporkan setiap kasus di wilayah tersebut dan memperingatkan bahwa lebih banyak kasus mata-mata di dalam Amerika Serikat juga akan diungkap.

Komentar Greenwald itu muncul saat Perancis dan Meksiko hari Senin dengan marah menuntut penjelasan segera dari AS terkait bocoran terbaru yang berasal data yang disingkap mantan karyawan kontrak keamanan AS, Edward Snowden. Bocoran tersebut menuduh AS telah memata-matai jutaan komunikasi telepon Perancis dan National Security Agency (NSA) juga telah menyusup ke akun e-mail mantan Presiden Meksiko, Felipe Calderon.

Greenwald, seorang wartawan Amerika yang tinggal di Brasil, berbicara melalui konferensi video dalam pertemuan ke-69 perkumpulan Inter American Press Association (IAPA).

Beberapa pertemuan di Amerika Latin dipantau, kata Greenwald, termasuk pertemuan Organisasi Negara-negara Amerika (OAS), serta pembicaraan mengenai perjanjian perdagangan bebas, walau dia tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang hal itu. Menurut Greenwald, apa yang diberitakan surat kabar Perancis Le Monde, hari Senin, yang memicu kontroversi antara Paris dan Washington, telah berada di tangan harian Perancis itu selama beberapa waktu.

Tuduhan-tuduhan itu, yang menjadi yang terbaru dari data yang dibocorkan Snowden, merusak kunjungan Menlu AS John Kerry ke Paris. Kerry ke Paris untuk membahas langkah-langkah yang bisa mengakhiri perang di Suriah.

Greenwald, yang telah mengundurkan diri dari harian Inggris The Guardian pekan lalu, mengatakan kepada perkumpulan wartawan itu bahwa dokumen yang dibocorkan Snowden telah disimpan di berbagai belahan dunia. Greenwald, seorang pengacara, mengatakan, dia sekarang akan mencurahkan energinya bagi peluncuran sebuah proyek jurnalisme baru yang didukung oleh pendiri eBay, Pierre Omidyar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.