Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kongres Tak Cairkan Anggaran, Pemerintah AS Berhenti Beroperasi

Kompas.com - 01/10/2013, 11:15 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Direktur anggaran Gedung Putih, Senin (30/9/2013) malam, memerintahkan badan-badan pemerintah federal untuk menghentikan kegiatannya setelah Kongres gagal mengesahkan anggaran.

"Badan-badan negara tidak akan melaksanakan tugasnya karena tidak adanya alokasi anggaran," kata Direktur Manajemen dan Anggaran Gedung Putih, Mathews Burwell.

Perintah menutup operasional kantor itu dikeluarkan 10 menit sebelum Pemerintah AS kehabisan anggaran setelah perseteruan antara Kongres yang dikuasai Republik dan Senat, di mana politisi Demokrat mendominasi.

Sylvia Burwell mendesak Kongres untuk mencairkan anggaran operasional sementara sesegera mungkin agar departemen-departemen pemerintah bisa dibuka kembali.

"Kami mendesak Kongres untuk bertindak cepat untuk menerbitkan sebuah resolusi lanjutan untuk menyediakan anggaran untuk sisa tahun fiskal ini dan untuk mengembalikan operasional sejumlah layanan publik dan program-program yang macet karena ketiadaan anggaran," ujar Burwell.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com