Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parlemen Suriah Desak Kongres AS Tak Setujui Intervensi Militer

Kompas.com - 06/09/2013, 20:21 WIB
DAMASKUS, KOMPAS.com — Ketua parlemen Suriah, Jihad al-Lahham, Jumat (6/9/2013), mendesak agar Kongres AS tidak menyetujui rencana serangan militer yang menargetkan rezim Suriah.

"Kami mendesak Anda agar tidak mengambil langkah ceroboh karena Anda memiliki kekuatan untuk mengendalikan Amerika Serikat dari jalan perang ke diplomasi," kata Jihad Lahham seperti dikutip kantor berita Suriah, SANA.

Pesan itu dikirimkan untuk seluruh anggota Kongres sebelum melakukan voting terkait  persetujuan serangan militer ke Suriah yang diminta Presiden Barack Obama.

"Setiap intervensi militer adalah ilegal karena Suriah adalah negara berdaulat dan tidak mengancam Amerika Serikat," tambah Lahham.

Awal bulan ini, Menlu Suriah Faisal Muqdad mendesak Kongres AS untuk menunjukkan kebijaksanaan terkait isu serangan militer ke Suriah.

Sementara itu, Presiden Bashar al-Assad mengingatkan konsekuensi yang harus dipikul jika AS tetap menyerang Suriah.

"Kami tak hanya berbicara soal respons Suriah, namun tentang apa yang akan terjadi setelah serangan pertama," kata Assad dalam wawancara dengan harian Perancis, Le Figaro.

"Semua orang akan kehilangan kendali. Kekacauan dan ekstremisme akan menyebar dan memunculkan risiko perang regional," tambah Assad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com