Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Bebaskan Perempuan Aktivis HAM Nasrin Sotoudeh

Kompas.com - 19/09/2013, 17:18 WIB
TEHERAN, KOMPAS.com — Pemerintah Iran membebaskan pengacara dan aktivis HAM Nasrin Sotoudeh dan sejumlah tahanan politik yang ditahan terkait unjuk rasa antipemerintah pada 2009. Demikian sejumlah media Iran melaporkan, Kamis (19/9/2013).

Kabar ini muncul sepekan sebelum Presiden Hassan Rohani, yang menjanjikan lebih banyak kebebasan di Iran, bertolak menuju New York, AS, untuk menghadiri sidang umum PBB.

Kantor berita ISNA mengatakan, selain Sotoudeh, 13 tahanan politik lain juga dibebaskan, termasuk mantan menlu Mohzen Aminzadeh, politisi reformis Feyzollah Arabsorkhi, dan jurnalis Mahsa Amirabadi.

Sotoudeh ditahan sejak 2010 karena kegiatannya membela hak asasi manusia di Iran. Dia dijatuhi hukuman penjara 11 tahun karena membela para tahanan politik dan membantu pemenang Nobel perdamaian Shirin Ebadi.

ISNA menambahkan, Sotoudeh dibebaskan setelah Pemerintah Iran memberikan grasi kepadanya. Namun ISNA tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Saat didakwa melakukan konspirasi melawan keamanan negara, ibu dua anak itu kemudian melakukan aksi mogok makan selama 49 hari pada Oktober 2012 untuk memprotes perlakuan yang diterimanya di penjara Evin, Teheran.

Saat ditahan, Sotoudeh tak bisa leluasa menerima kunjungan keluarga seperti tahanan yang lain. Keluarga dan kerabat Sotoudeh juga kerap mengalami intimidasi.

Suami dan putrinya yang saat itu berusia 12 tahun juga mendapat larangan bepergian ke luar negeri sebagai salah satu bentuk hukuman.

Tahun lalu, atas perjuangannya membela hak asasi manusia, parlemen Eropa menganugerahkan penghargaan Sakharov yang prestisius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com