Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arkeolog Temukan Makam Kuno Politisi Perempuan China

Kompas.com - 12/09/2013, 17:36 WIB
BEIJING, KOMPAS.com — Para arkeolog menemukan makam seorang politisi perempuan China abad ke-7, yang diyakini sebagai salah seorang perempuan paling berkuasa di China kuno. Demikian media China mengabarkan, Kamis (12/9/2013).

Shangguan Wan'er—hidup antara 664-710 pada masa pemerintahan dinasti Tang—merupakan tangan kanan kaisar perempuan pertama China, Wu Zetian, dan terkadang disebut menjabat perdana menteri.

Shangguan menikahi putra Wu Zetian. Namun, Shangguan juga menjalin asmara dengan kekasih dan keponakan kaisar Wu.

Setelah serangkaian pembunuhan, kudeta dan perselingkuhan yang terjadi dalam pemerintahan dinasti Tang, suami Shangguan Wan'er, Li Xian, berhasil menjadi kaisar.

Namun, Li Xian tak lama menjadi kaisar setelah dibunuh istri tuanya, yang kemudian mengambil tampuk kekuasaan kekaisaran.

Namun, sang istri tua pun akhirnya dilengserkan Li Longji, yang kemudian mengeksekusi mantan kaisar dan Shangguan Wan'er.

Situs makam ini ditemukan di dekat sebuah bandara di Xianyang, Provinsi Shaanxi, dan ditegaskan oleh sebuah inkripsi. Demikian dikabarkan situs China Radio International.

"Penemuan makam lengkap dengan nisannya adalah sebuah temuan penting untuk mempelajari sejarah dinasti Tang," kata sejarawan Du Wenyu seperti dikutip harian China Daily.

Sementara itu, seorang peneliti Geng Qinggang mengatakan makam itu rusak parah. Dia menduga telah terjadi sebuah perusakan besar-besaran yang terorganisasi atau bahkan resmi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com