Kompas.com - 14/08/2013, 12:26 WIB
EditorEgidius Patnistik
MUMBAI, KOMPAS.com — Sedikitnya 18 orang pelaut diduga terjebak di kapal selam India yang terbakar setelah meledak di Pelabuhan Mumbai, Rabu (14/8/2013). Kebakaran kini telah berhasil diatasi, tetapi sebagian badan kapal masih belum muncul ke permukaan.

Tim penolong darurat telah dikerahkan ke lokasi.

Media India melaporkan bahwa banyak pelaut yang berhasil melompat keluar dari kapal dan menyelamatkan diri meski beberapa orang di antaranya menderita luka-luka.

Penyebab ledakan di kapal selam INS Sindhurakshak itu belum diketahui. Ledakan terjadi setelah tengah malam. Api baru berhasil dipadamkan beberapa jam kemudian.

Angkatan Laut mengatakan, kapal selam itu mengalami kerusakan berat dan penyelidikan untuk mengetahui penyebab insiden tersebut telah dimulai.

Kapal buatan Rusia

"Masih ada beberapa orang yang terjebak di atas kapal. Kami masih berusaha menyelamatkan mereka. Kami menduga jumlahnya 18 orang," kata Juru Bicara Angkatan Laut PVS Satish yang dikutip oleh kantor berita Reuters. "Kami tidak akan menyerah hingga kami menemukan mereka," tambahnya.

Asap dari ledakan terlihat hingga ke pelosok kota, seperti dilaporkan media setempat.

INS Sindhurakshak adalah satu dari 10 kapal selam yang dibeli dari Rusia antara 1986-2000. Kapal itu dilengkapi dengan sistem peluru kendali Club-S Rusia.

Baru-baru ini kapal selam tersebut menjalani perbaikan di Rusia setelah terjadi kebakaran di kompartemen bahan bakar yang menewaskan seorang pelaut pada Februari 2010. India dan Rusia telah lama menjadi sekutu dan Rusia memasok sekitar 70 persen alat utama sistem persenjataan India.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.