Kompas.com - 23/07/2013, 07:35 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

WELLINGTON, KOMPAS.com - New Zealand bersiap menghadapi gelombang pencari suaka setelah Australia mengambil kebijakan garis keras terhadap manusia perahu.

Perdana Menteri Australia, Kevin Rudd telah menyatakan bahwa tak akan ada lagi visa yang bakal diberikan pada manusia perahu dan para pencari suaka akan dikirimkan ke Papua Nugini.

News.com.au melaporkan, Selasa (22/7/2013), Menteri Imigrasi Selandia Baru Michael Woodhouse mengatakan dia berpendapat Selandia Baru akan “masuk dalam radar para penyelundup manusia”.

“Dan saya kira ini akan memaksa pemerintah untuk mengubah Undang-undang imigrasi untuk menangani kedatangan massal bila itu terjadi,” tutur Woodhouse pada sebuah radio Selandia Baru. “Kemungkinannya, saya kira, besar sekali (jumlah pencari suaka) sudah naik.”

Baru-baru ini Selandia Baru mengeluarkan undang-undang yang memperbolehkan penahanan pencari suaka sampai enam bulan.

Juru bicara Imigrasi Oposisi Selandia Baru Darien Fenton dari Partai Buruh mengkritik kedua kekuatan politik Australia yang telah menggunakan isu pencari suaka sebagai “sepak bola politik”. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.