Kompas.com - 19/07/2013, 17:07 WIB
EditorErvan Hardoko
RIYADH, KOMPAS.com — Maskapai penerbangan Saudi Arabian Airlines, Jumat (19/7/2013), mempertahankan kebijakan yang melarang warga Israel menggunakan maskapai tersebut.

Direktur Jenderal Saudi Arabian Airlines, Khalid al-Melhem, mengatakan, kebijakan itu berkaitan dengan tak adanya hubungan diplomatik antara Arab Saudi dan Israel.

"Jika kami tidak memiliki hubungan diplomatis dengan sebuah negara, maka kami tidak akan mengizinkan warga negara itu memasuki wilayah kerajaan," kata Al-Melhem kepada harian terbitan Saudi, Al-Watan.

"Hubungan diplomatik sangat berpengaruh bagi para penumpang transit, terutama jika penerbangan mengalami penundaan, maka penumpang itu harus memasuki wilayah Saudi. Pada titik ini sangat sulit mengizinkan seorang warga Israel memasuki wilayah Saudi," tambah dia.

Awal pekan lalu, seorang pengacara New York, Bill de Blasio, mengecam maskapai Saudi ini yang melarang seorang warga negara Israel menumpang pesawat milik maskapai tersebut.

Blasio menilai, larangan itu merupakan sebuah praktik "dikriminasi ras". Blasio bahkan mengancam akan melakukan segala upaya agar Saudi Airlines dilarang mendarat di semua bandara AS.

Berdasarkan sejumlah laporan, Blasio kemudian mengirim surat kepada Al-Melhem. Dalam suratnya itu Blasio meminta Al-Melhem mengevaluasi ulang kebijakan maskapai atau bekerja sesuai hukum penerbangan internasional yang tidak mentoleransi diskriminasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Al Arabiya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.