Kompas.com - 10/07/2013, 21:18 WIB
EditorErvan Hardoko
ATHENA, KOMPAS.com — Stasiun televisi publik Yunani ERT akan kembali mengudara Kamis (11/7/2013) pagi waktu setempat. ERT akan mengudara kembali tepat sebulan ketika Pemerintah Yunani menutup lembaga penyiaran ini dengan alasan penghematan anggaran.

"Siaran ERT akan dimulai kembali malam ini (Rabu) atau besok pagi. Siarannya akan didominasi dokumenter dan sejumlah berita," kata Pantelis Kapsis, wakil menteri yang bertanggung jawab atas lembaga penyiaran publik.

Pada 11 Juni lalu, tanpa diduga, Pemerintah Yunani menutup ERT yang mempekerjakan lebih dari 2.600 orang. Penutupan ERT ini mengejutkan rakyat Yunani dan hampir saja menjatuhkan pemerintahan negeri itu.

Pada Rabu (10/7/2013), di layar televisi sudah kembali muncul lambang ERT dengan sebuah bola dunia dan kibaran bendera di saluran yang dulu ditempati ERT.

Pemerintah Yunani merencanakan siaran sementara selama dua bulan sebelum kembali mempekerjakan staf baru pada musim gugur nanti.

"Akan ada pemanggilan para jurnalis untuk bekerja lagi bersama kami," kata Kapsis.

Sebulan lalu, Pemerintah Yunani menganggap ERT sangat tidak efisien dari sisi biaya dan menghabiskan anggaran hingga 385 juta dolar AS per tahun.

Namun, para pegawai ERT menolak keputusan itu dan menguasai studio ERT di sebelah utara Athena dan tetap melakukan siaran ilegal sejak 11 Juni dengan bantuan Persatuan Lembaga Penyiaran Eropa.

Pengadilan Administrasi Yunani kemudian membatalkan keputusan pemerintah itu karena menilai pemerintah masih membutuhkan sebuah lembaga penyiaran publik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.