Kompas.com - 25/06/2013, 16:22 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com — Ekuador sudah mengatakan ke Rusia pihaknya tengah meninjau ulang permintaan suaka Edward Snowden, kontraktor intelijen AS yang disangka membobol catatan rahasia Badan Keamanan Nasional AS (NSA). Menteri Luar Negeri Ekuador Ricardo Patino Aroca mengatakan hal itu di Hanoi, Vietnam, dalam keterangan persnya pada Senin (24/6/2013) kemarin sebagaimana warta AP.

Aroca berkunjung ke Vietnam selama dua hari. Ia mengonfirmasi bahwa pemerintahnya memang menerima permintaan suaka dari Snowden melalui jejaring sosial Twitter. "Kami tengah meninjau ulang permintaan itu," katanya.

Sebelumnya, sebuah pesawat Aeroflot SU-150 dilaporkan membawa Snowden mendarat di Bandar Udara Sheremetyevo, Moskwa, pada Minggu pukul 17.05 waktu setempat dari Hongkong. Media lokal Moskwa mengatakan, Snowden bakal bertolak menuju Kuba atau Karakas (Venezuela) atau Ekuador.

Snowden berangkat ke Hongkong pada 20 Mei 2013 setelah membeberkan catatan rahasia NSA soal penyadapan telepon dan internet warga AS. Berita termutakhir menunjukkan, Snowden justru tak kehilangan batang hidungnya di Moskwa. Kursi pesawat yang bakal ditumpanginya pun kosong.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.