Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama: AS Gunakan Semua Upaya Hukum untuk Tangkap Snowden

Kompas.com - 25/06/2013, 08:40 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.COM - Presiden Amerika Barack Obama mengatakan Amerika menggunakan "semua jalur hukum" untuk menangkap buronan mantan kontraktor intelijen yang membocorkan program pengintaian rahasia Amerika.

Gedung Putih hari Senin (24/6) mengatakan yakin bahwa Edward Snowden masih berada di Rusia dan menekan Moskwa untuk mengusirnya supaya bisa menghadapi dakwaan spionase di Amerika.

Dalam upayanya mencari suaka secara diam-diam, Edward Snowden telah memesan penerbangan hari Senin dari Moskwa ke Havana, dengan kemungkinan tujuan akhir Ekuador, di mana ia mencari suaka. Tapi penerbangan ke ibukota Kuba itu tidak menunjukkan tanda-tanda bahwa Snowden berada di dalam pesawat itu.

Julian Assange, pendiri WikiLeaks, organisasi pengungkap rahasia yang membantu Snowden, mengatakan buronan Amerika itu aman, namun menolak mengungkapkan di mana Snowden berada.

Juru bicara Gedung Putih Jay Carney mengatakan Amerika sudah sering mengembalikan tersangka kriminal ke Rusia dan berharap Rusia akan menyerahkan Snowden yang berusia 30 tahun itu kepada pemerintah Amerika.

Carney mengecam China atas apa yang disebutnya "pilihan Beijing yang disengaja" untuk mengizinkan Snowden terbang hari Minggu dari Hong Kong ke Moskwa. Dia mengatakan keputusan China itu "tidak diragukan lagi" telah merugikan hubungan antara Amerika dan China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com