Kompas.com - 22/06/2013, 06:41 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani
CANBERRA, KOMPAS.com — Koran besar dan berpengaruh di Australia, The Age, telah meminta Perdana Menteri Australia Julia Gillard untuk mengundurkan diri sebelum pemilu pada 14 September 2013.

Koran milik Fairfax yang secara tradisional mendukung Partai Buruh itu dalam tajuk rencana edisi Sabtu (22/6/2013) mengatakan, Gillard harus turun untuk kepentingan Partai Buruh, negara, dan demokrasi.            

"Alasan kami untuk meminta Gillard turun bukan karena kebijakan partainya, melainkan karena ketidakmampuannya untuk keluar dari kondisi politik yang sulit," tulis tajuk itu.

Sebagian besar pemilih, lanjut editorial itu, tak sudi lagi mendengarkan Gillard. Para pemilih dinilai bingung karena banyaknya spekulasi internal dan eksternal sehingga Gillard dan para menterinya gagal menjabarkan visi strategis masa depan bangsa.            

"Bila keadaan tidak berubah maka hasilnya akan jelas, kekalahan telak Partai Buruh pada pemilu September mendatang. Artinya, parlemen akan dikuasai oleh pemerintah Koalisi dan lebih penting lagi bagi demokrasi, kesempatan bagi Partai Buruh untuk melakukan oposisi yang lihat terhadap Koalisi di parlemen akan jauh berkurang."            

Surat kabar ini mengatakan tidak terlalu yakin akan klaim Kevin Rudd bahwa ia sudah berubah setelah pernah dinilai sebagai "pemimpin yang cacat". Tetapi, paling tidak dia layak diberi kesempatan sekali lagi.                

"Kita tidak dapat mengesampingkan jajak pendapat yang secara konsisten mengatakan bahwa bila Rudd kembali memimpin maka daya saing Partai Buruh akan meningkat dan prospek pertarungan politik dalam pemilu akan lebih murni."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.