Salin Artikel

Usai Resmi Dilantik, Putin Ajukan Medvedev Jadi Perdana Menteri

Seperti yang telah banyak diduga banyak pihak, Putin yang akan menjabat sebagai presiden Rusia hingga 2024 mengajukan nama Dmitry Medvedev untuk menjadi perdana menteri.

"Putin telah mencalonkan Dmitry Medvedev sebagai perdana menteri dan meminta persetujuan dari Duma," tulis Kremlin dalam pernyataannya usai pengambilan sumpah presiden Putin untuk masa jabatannya yang keempat, Senin (7/5/2018).

Medvedev, yang kini berusia 52 tahun, pernah menjabat sebagai presiden Rusia pada 2008 hingga 2012, menggantikan Putin yang sudah menjalani dua masa jabatan berturut-turut.

Putin kemudian kembali menjabat menggantikan Medvedev sebagai presiden untuk masa jabatan 2012-2018, sementara Medvedev menjadi perdana menteri.

Kontitusi Rusia memang mengizinkan seseorang menjabat kembali setelah dua kali diangkat sebagai presiden selama tidak berurutan.

Banyak pihak yang melihat Putin dan Medvedev telah memiliki kesepakatan sejak lama. Hal tersebut menimbulkan kekecewaan rakyat Rusia hingga mendorong aksi protes yang dipimpim politisi oposisi Alexei Navalny.

Putin dan Medvedev bertemu pertama kali di kota asal mereka, Saint Petersburg, di mana mereka mulai menjadi rekan sejak di kantor walikota pada tahun 1990-an.

Putin telah resmi dilantik kembali menjadi Presiden Rusia setelah memenangkan pemilu yang dilangsungkan pada 18 Maret 2018 dengan meraih 76,69 persen atau lebih dari 56,4 juta suara dari pemilih yang sah.

Dengan kembali menjabat untuk masa jabatan keempat, Putin berpeluang menjadi pemimpin Rusia terlama sejak Joseph Stalin.

https://internasional.kompas.com/read/2018/05/07/23304021/usai-resmi-dilantik-putin-ajukan-medvedev-jadi-perdana-menteri

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke