Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampung Halaman Melania Trump Larut dalam Kegembiraan

Kompas.com - 09/11/2016, 19:36 WIB

LJUBLJANA, KOMPAS.com - Bendera Amerika Serikat berkibar, sampanye dituang, dan lagu-lagu gembira berkumandang merayakan kemenangan Donald Trump.

Namun, pesta ini tak digelar di sebuah kota di Amerika Serikat tetapi di kota Sevnica, Slovenia, kampung halaman Melania Trump, sang ibu negara baru AS.

Sepanjang Selasa (8/11/2016) malam, kota berpenduduk 5.000 orang dan lebih dikenal karena pabrik furnitur dan pakaian dalam serta istana berusia 900 tahun, sangat tenang.

Namun, pada pukul 04.00 dini hari, sebuah kafe di dekat stasun kereta api membuka pintunya dan dalam waktu singkat dipenuhi warga setempat.

Mereka bersorak sorai diseling suara botol sampanye dibuka ditambah riuhnya tepuk tangan saat kemenangan Donald Trump dalam pemilihan presiden AS semakin nyata.

"Dia menang," kata seorang pria ketika kemenangan Trump sudah dipastikan.

"Hebat...sungguh super," tiga perempuan yang duduk di meja bar menimpali.

"Bravo! Bravo! Kita menang," ujar pengunjung lainnya.

Di antara para warga yang bersuka cita itu terdapat wali kota Sevnica Srecko Ocvirk serta Janko Rezac, yang mengaku adalah teman Viktor Knavs, ayah Melania.

"Selama masa kampanye, Melania kerap diperlakukan tak adil, media hanya melihat sisi negatifnya saja dan tidak sisi positifnya," kata Rezec.

"Saya yakin seluruh kampanye Trump berdampak baik untuk Sevnica. Kami dibanjiri jurnalis dan media. Kini kami yakin semua akan lebih baik lagi," tambah Rezec.

Dalam sebuah survey yang digelar pada Oktober lalu terungkap hanya 22 persen warga negeri bekas Yugoslavia itu menginginkan Trump sebagai presiden AS.

"Saya yakin kegembiraan karena Melania menjadi ibu negara hanya bersifat sementara. Kita harus melihat apa yang akan terjadi," kata Valentina (52) warga Slovenia.

"Nanti akan sulit bagi Eropa, Trump tak akan peduli dengan Eropa," tambah Valentina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com