Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Jet Kargo Pribadi, Emir Dubai Kirim 90 Ton Bantuan ke Haiti

Kompas.com - 17/10/2016, 15:51 WIB

DUBAI, KOMPAS.com - Emir Dubai Sheikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum tergerak membantu korban bencana badai Matius di Haiti dan menerbangkan bantuan ke negeri itu menggunakan jet pribadinya.

Sheikh Al-Maktoum mengirimkan 90 ton bantuan bernilai 250.000 dolar AS atau sekitar Rp 3,2 miliar yang diangkut menggunakan Boeing 747 miliknya.

Menurut pemerintah Dubai, pengiriman bantuan itu diawasi langsung Putri Haya Bint Al Hussein, istri sang Emir. Bantuan yang dikirim itu berupa tenda, jaring nyamuk, obat-obatan dan peralatan pemurnian air.

"Satu gambaran yang akan melekat dalam benak saat saya memikirkan Haiti. Saya melihat negeri itu hancur pada 2010," ujar Putri Haya.

Haya, yang adalah putri Raja Hussein dari Jordania, mengatakan, bantuan yang dikirim suaminya dan pemerintah Uni Emirat Arab menunjukkan kepedulian negara-negara Arab.

"Kami, bangsa Arab, seharusnya sudah bangkrut karena berperang di banyak front dan banyak rakyat kami yang membutuhkan makanan dan tempat bernaung," tambah dia.

PBB telah menetapkan 1,4 juta warga Haiti membutuhkan bantuan darurat. PBB juga memohon bantuan dana sebesar 120 juta dolar AS atau sekitar Rp 1,5 triliun untuk membantu negara termiskin di Amerika Utara tersebut.

Sekitar 300.000 orang warga Haiti kini tinggal di pengungsian setelah dihantam Badai Matius yang menewaskan setidaknya 1.000 orang di negeri miskin itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com