Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putin Bangun Bunker Nuklir, Bersiap untuk Perang Dunia III?

Kompas.com - 05/09/2016, 17:16 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com – Pakar keamanan memperingatkan, Presiden Rusia Valdimir Putin sedang membangun bunker-bunker nuklir sebagai persiapan untuk perang besar - Perang Dunia III? - melawan Barat.

Daily Express mengatakan, kepastian soal pembangunan bunker-bunker nuklir rahasia itu muncul setelah citra satelit menunjukkan adanya aktivitas tersebut di Gunung Yamantau di wilayah Pegunungan Ural.

Bekas negara Soviet itu selama ini memang sedang sibuk-sibuknya membangun senjata nuklir paling hebat di dunia, yang diberi mana paling menakutkan, yakni Satan-2 (Setan-2).

Diperkirakan, senjata mematikan itu memiliki kemampuan untuk menghancurkan wilayah yang sangat luas, yakni seluas Perancis atau sekitar 643.801 km2.

Sekarang ini para ahli memperingatkan bahwa perang nuklir sudah semakin dekat.

Dr Loren Thompson, ahli keamanan terkemuka dari lembaga kajian Lexington Institute, AS mengatakan kepada The National Interest, "Kemungkinan tentang perang nuklir antara Amerika dan Rusia tidak hanya masih ada, tetapi mungkin sedang meningkat.”   

“Kemungkinan besar perang itu akan dimulai di wilayah yang menjadi titik konfrontasi militer masa depan, di tiga negara kecil di Baltik, yakni Estonia, Latvia, dan Lithuania,” katanya.

Kremlin sudah memiliki senjata nuklir terbesar di dunia, dengan sekitar 7.300 hulu ledak.

Beberapa senjata yang mematikan telah ditempatkan hanya 50 mil (atau sekitar 80 km) di lepas pantai wilayah AS di Alaska.

Hubungan antara Barat dan Rusia telah memburuk dalam beberapa bulan ini setelah Rusia menganeksasi Crimea, Ukraina timur.

Putin juga telah menjadi sangat marah oleh adanya latihan militer Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) yang digelar di perbatasan Baltik.

Dukungan Rusia kepada rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad menjadi titik sengketa dengan Barat yang mendukung oposisi karena dugaan praktik genosida oleh Assad.

Presiden Rusia Vladimir Putin belum segera mengomentari gambar-gambar citra satelit tentang adanya aktivitas pembangunan bunker di Gunung Yamantau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com