Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggota Nazi Berusia 93 Tahun Meninggal Sebelum Disidangkan

Kompas.com - 08/04/2016, 10:58 WIB

FRANKFURT, KOMPAS.com - Seorang mantan penjaga kamp konsentrasi Auschwitz meninggal dunia sebelum menjalani sidang di Jerman.

Ernst Tremmel (93) dituduh membantu pembunuhan lebih dari 1.000 orang di kamp yang terletak di Polandia itu antara November 1942 hingga Juni 1943.

Juru bicara pengadilan kota Hanau, dekat Frankfurt mengatakan, akibat kematian Tremmel sidang yang seharusnya dimulai pada 13 April dibatalkan.

Meski polisi sudah memastikan kematian Tremmel, namun penyebab meninggalnya mantan anggota pasukan elit Nazi tersebut tidak diketahui.

Jerman sedang menggelar sidang-sidang terakhir yang terkait dengan tragedi holocaust, yang menewaskan 6 juta orang selama Perang Dunia II. Sebagian besar korban holocaust ini adalah warga keturunan Yahudi.

Dua orang tersangka lain yang juga berusia 90-an juga akan disidangkan karena dianggap membantu membunuh ribuan orang di kamp Auschwitz.

Sidang untuk Hubert Zafke (95), mantan paramedis Auschwitz dan Reinhold Hanning (94), mantan penjaga kamp itu, sudah dimulai.

Sementara jadwal sidang untuk Helma M (92) yang bekerja sebagai operator radio di Auschwitz belum ditentukan. Helma dituduh membantu pembunuhan terhadap 260.000 orang tawanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com