Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pada Persidangan, "Sang Akuntan Auschwitz" Meminta Maaf

Kompas.com - 21/04/2015, 19:50 WIB
BERLIN, KOMPAS.com — Mantan perwira pasukan khusus Nazi, Oskar Groening, yang disebut media sebagai "sang akuntan Auschwitz", meminta maaf dalam persidangan yang digelar pada Selasa (21/4/2015) di kota Lueneburg, Jerman, atas perbuatannya di kamp konsentrasi Auschwitz.

"Bagi saya tak ada lagi pertanyaan karena saya secara moral bersalah," kata pria berusia 93 tahun itu kepada para hakim sambil mengakui bahwa dia mengetahui pembantaian warga Yahudi di kamar-kamar gas kamp tersebut.

"Saya meminta maaf. Anda (hakim) harus memutuskan kesalahan saya secara legal," ujar Oskar di hadapan pengadilan yang dihadiri 70 korban selamat holocaust dan kerabat mereka.

Melihat fakta bahwa sebagian besar tersangka penjahat perang Jerman sudah berusia sangat lanjut, Oskar kemungkinan termasuk satu di antara para tersangka terakhir yang diadili, 70 tahun setelah para tahanan kamp Auschwitz dibebaskan oleh pasukan sekutu.

Oskar Groening diadili karena dianggap terlibat pembunuhan 300.000 warga Yahudi Hongaria di kamar-kamar gas kamp konsentrasi Auschwitz. Jika kejahatannya terbukti, maka Oskar terancam hukuman penjara selama 15 tahun.

Jaksa penuntut mengatakan, Oskar berperan sebagai "akuntan" yang menyortir dan menghitung uang yang dibawa para tahanan Yahudi itu sebelum mereka dikirim ke kamar gas untuk dibunuh. Oskar juga bertugas mengumpulkan berbagai mata uang dari seluruh Eropa itu sebelum dikirim ke Berlin.

Dia juga bertugas menjaga barang bawaan para tahanan yang disita, begitu mereka tiba di kamp konsentrasi Auschwitz yang berada di Polandia yang kala itu diduduki Jerman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com