Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Bantuan Tunai Rp 60 Juta bagi Perempuan Hamil di Inggris

Kompas.com - 23/02/2016, 14:17 WIB
LONDON, KOMPAS.com - Perempuan hamil di Inggris akan mendapat bantuan tunai kehamilan dari Badan Layanan Kesehatan (NHS) Inggris sebesar sekitar Rp 60 juta, jika memilih layanan kesehatan sendiri.

Perempuan yang menerima bantuan itu bisa menggunakan dana tersebut untuk biaya apapun. Baik untuk layanan bidan pribadi, persalinan di rumah, penggunaan kolam persalinan, hingga hipnoterapi.

Langkah ini merupakan bagian dari perombakan dalam layanan persalinan yang diluncurkan NHS Inggris demi memperluas pilihan bagi para prempuan hamil.

Perombakan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan keamanan di layanan persalinan, menyusul penyelidikan kematian sejumlah bayi di Rumah Sakit Universitas Morecambe Bay.

Pengkajian itu menyebut, kendati persalinan di Inggris sangat aman, masih diperlukan perbaikan demi memastikan bahwa penanganan tersebut  masuk dalam golongan 'kelas dunia.'

Seperti dikutip dari BBC Indonesia, Selasa (23/2/2016), kajian itu menyimak keluhan ribuan keluarga atas pengalaman perawatan persalinan mereka.

Ada yang mengatakan bahwa mereka sesunguhnya tak sepenuhnya percaya bahwa komplikasi yang mereka derita akan ditangani dengan baik.

Banyak perempuan yang mengeluh tentang terbatasnya pilihan yang diberikan, padahal kebijakan NHS menyebut mereka boleh memilih di mana mereka ingin melahirkan.

Tercatat, hampir 90 persen perempuan melahirkan di RS, namun hanya satu dari empat orang yang mengatakan bahwa di situlah mereka ingin melahirkan bayi mereka.

Sebelum skema bantuan tunai persalinan ini, pernah pula ada skema pemberian kupon belanja sebesar hampir Rp 8 juta, untuk ibu hamil yang bersedia berhenti merokok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com