Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Bornheim di Jerman Larang Pria Pengungsi ke Kolam Renang Umum

Kompas.com - 17/01/2016, 23:36 WIB

BORNHEIM, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Bornheim di Jerman melarang pria pengungsi dari kolam renang umum setelah beberapa perempuan mengeluhkan adanya pelecehan seksual.

Pejabat pemerintah di Bornheim mengatakan bahwa para pria dari tempat penampungan pencari suaka dekat situ dilarang datang sampai mereka memamahi bahwa perilaku seperti itu tak dapat diterima.

Langkah ini diambil menyusul kemarahan yang meluas setelah terjadi ratusan penyerangan seksual di Kota Koeln, yang berjarak 20 kilometer dari Bornheim, dan beberapa kota Jerman lain pada malam Tahun Baru.

(Baca Jerman Dikejutkan oleh Serangan Seksual pada Malam Tahun Baru)

Serangan yang diduga dilakukan oleh para pria berciri-ciri mirip warga Afrika Utara dan Arab itu meningkatkan ketegangan akan arus pengungsi.

Lebih dari 1,1 juta orang meminta suaka di Jerman pada 2015.

Kepala departemen urusan sosial di Bornheim mengatakan bahwa langkah untuk melarang pengungsi pria ini diambil seiring meningkatnya laporan perilaku tak pantas terhadap perenang perempuan dan anggota staf di kolam renang umum.

"Ada laporan pelecehan seksual dan ajakan mengobrol berlangsung di kolam renang ini... oleh sekelompok pria muda, dan ini membuat beberapa perempuan pergi," kata Markus Schnapka pada Reuters.

Menurut dia, keluhan ini tidak menimbulkan tindak kriminal. Namun, pekerja sosial di kota akan membantu agar para pencari suaka mengubah perilaku mereka.

Tak jelas bagaimana aturan ini akan diterapkan, meski Jerman siap mengenalkan sistem kartu pengenal untuk pengungsi pada Februari nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com