Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik Sepeda ke Kantor, Dibayar Rp 700.000 di Italia

Kompas.com - 18/11/2015, 06:33 WIB
MASSAROSA, KOMPAS.com - Sebuah kota di Italia akan membayar warganya ratusan euro per tahun jika mengayuh sepeda ke tempat kerja, jadi bukan menggunakan kendaraan bermotor.

Dewan kota Massarosa, di sebelah utara Pisa, menyatakan proyek percontohan ini akan membayar 25 sen per kilometer yang dijalani, dengan nilai Rp 700.000 per bulan, lapor situs internet berita setempat Il Tirreno.

Ini berarti penduduk yang menggunakan roda dua tanpa mesin itu akan mendapatkan Rp 8,8 juta per tahun. Diberitakan bahwa ini adalah skema pertama sejenis yang diterapkan di Italia.

Lima puluh pegawai akan diikutsertakan pada masa percobaan selama 12 bulan, yang akan menggunakan app telepon pintar untuk mencatat jarak yang ditempuh setiap harinya.

Skema sepeda tersebut didanai denda yang didapat dari penilangan di kota.

Hukum tempat tersebut menyatakan dana harus diinvestasikan ke dalam pengamanan lalu lintas, seperti dijelaskan pejabat setempat Stefano Natali.

Dia menambahkan, artinya lalu lintas kelak menjadi tidak terlalu padat dengan tambahan keuntungan untuk kesehatan.

Federasi Kawan Bersepeda Italia (FIAB) yang membantu pengembangan ide itu menyatakan harapannya agar kota-kota lain meniru tindakan Massarosa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com