Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tunggu Eksekusi, Pelaku Bom Boston Ditahan di LP "Neraka Dunia"

Kompas.com - 20/07/2015, 22:34 WIB
NEW YORK, KOMPAS.com - Terpidana kasus bom Boston Dzhokhar Tsarnaev kini ditahan di salah satu penjara dengan keamanan paling ketat di AS, yang kerap disebut "Neraka Dunia" oleh para aktivis HAM.

Dzhokhar akan menghabiskan 22 jam setiap hari di dalam selnya di LP ADX Florence, Colorado hingga dia dipindahkan ke sel khusus para terpidana mati. Dia hanya mendapatkan waktu 10 jam sepekan di luar selnya.

Di dalam penjara superketat itu, Tsarnaev tak sendirian. Di tempat yang sama juga ditahan terpidana tragedi 11 September, Zacarias Moussaoui, calon pengebom Tims Square Faisal Shahzad, pengebom berantai Ted Kaczynski, pelaku pengeboman gedung WTC 1993 Ramzi Yousef dan pengebom sepatu asal Inggris Richard Reid.

Dzhokhar, yang mendapat nomor registrasi 95079-038, dijatuhi hukuman mati oleh hakim federal pada 24 Juni lalu setelah terbukti menjadi pelaku bom maraton Boston. Di penjara yang terletak di pegunungan Rocky, Colorado itu, Dzhokhar akan menempati sebuah sel berukuran 7,7 meter persegi yang dilengkapi sebuah jendela kecil dengan lebar 10 sentimeter.

Di dalam selnya Dzhokhar mendapatkan sebuah televisi kecil. Namun, tak seperti di penjara biasa, dia makan sendiri di dalam selnya dan penjaga mengantarkan makanan yang dimasukkan ke dalam sel lewat sebuah celah di bawah pintu.

Saat mendapatkan waktu meninggalkan sel, tangan dan kaki Dzhokhar dirantai yang tersambung ke rantai lainnya yang dilingkarkan di pinggangnya. Selain itu, dia akan dikawal minimal oleh dua orang penjaga.

Satu-satunya kesempatan berada di luar sel adalah sendirian di sebuah tempat yang disebut "kandang" yang terletak di sebuah halaman beton yang dikelilingi pagar tinggi. Tak hanya dikelilingi tembok tinggi tempat ini juga ditutup atap berupa rantai besi yang oleh Amnesti Internasional disebut tak memberikan pemandangan alam lain kecuali langit.

"Rekreasi" pilihan lain adalah sendirian di dalam sebuah ruangan tak berjendela yang dilengkapi besi untuk kegiatan olahraga pull-up

Penjara ADX Florence, Colorado kerap disebut sebagai "Alcatraz di Pegunungan Rocky" merupakan penjara super maksimal yang berdiri di atas lahan seluas 15 hektar. Penjara yang terletak sekitar 160 kilometer di sebelah selatan Denver ini menampung sedikitnya 410 narapidana paling terkenal dan berbahaya di AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com