Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan Sepeda, Menlu AS John Kerry Alami Patah Tulang Paha

Kompas.com - 01/06/2015, 07:13 WIB

JENEWA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri AS John Kerry mengalami patah tulang paha kanan dalam sebuah kecelakaan bersepeda di Scionzier, Perancis, Minggu (31/5/2015) pagi. Kecelakaan itu diungkap juru bicara Departemen Luar Negeri John Kirby.

Kerry mengalami cedera di bagian paha yang dekat operasi pinggul sebelumnya. Dengan demikian, Kerry akan kembali ke Boston pada hari Minggu, untuk perawatan di Rumah Sakit Umum Massachusetts, dengan dokter yang juga melakukan operasi sebelumnya.

Namun, belum diketahui kapan Kerry akan terbang ke Boston. Hingga Minggu sore, Kerry disebut masih beristirahat di rumah sakit di Jenewa. Kemungkinan Kerry baru akan diterbangkan menjelang malam.

"Demi menghemat waktu, dan agar tidak lagi menunda mereka yang akan terbang dengan dia, kami akan mengirimkan pesawat kembali ke Amerika Serikat dengan rombongan yang sama," ucap Kirby.

Kerry menyesal bahwa ia tidak dapat mengunjungi Spanyol seperti yang direncanakan. Selain itu, Kerry juga tidak akan dapat menghadiri pertemuan tingkat menteri di Paris terkait mengatasi ISIS, pada Selasa (2/6/2015). Meski begitu, Kerry disebut akan berpartisipasi dalam pertemuan Paris itu meski berada di AS.

Kirby menjelaskan, kondisi John Kerry saat ini sudah stabil. Mantan senator asal Massachusetts ini pun disebut akan segera pulih. "Menteri Kerry dalam semangat yang bail dan sangat berterima kasih kepada otoritas Perancis dan Swiss, dokter dan perawat yang mendampingi setelah kecelakaan," tutur Kirby.

Tak lama saat kecelakaan terjadi, Kerry sempat mendapat penanganan pertama. "Paramedis dan ahli kebugaran fisik juga berada di rombongan saat kecelakaan terjadi," ujar Kirby.

Kemudian, Kerry segera dibawa helikopter ke sebuah rumah sakit di Jenewa, Swiss, untuk pemeriksaan mendalam.

Sebelum terjadi kecelakaan, Kerry sempat bersepeda sejauh 48 kilometer dari Jenewa, yang juga berlokasi dekat Perancis. John Kerry berada di Jenewa untuk negosiasi dengan diplomat Iran terkait program nuklir Iran. 

Selama ini, John Kerry memang dikenal hobi bersepeda. Dia bahkan membawa sepedanya ke Swiss ketika bertemu diplomat Iran dalam pertemuan sebelumnya, Maret silam.

Kerry juga diketahui pernah menderita cedera bahu akibat kecelakaan sepeda pada 1992.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com