Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Italia Selamatkan 1.500 Migran di Laut Tengah dalam 24 Jam

Kompas.com - 06/04/2015, 11:52 WIB
ROMA, KOMPAS.com - Sejumlah kapal angkatan laut dan penjaga pantai Italia menyelamatkan sekitar 1.500 migran dari lima kapal di selatan Laut Tengah (Mediterania) dalam waktu kurang dari 24 jam. Sejumlah pejabat Italia mengemukakan hal itu Minggu (5/4/2015).

Pihak penjaga pantai dalam sebuah pernyataan mengatakan, semua migran itu diselamatkan hari Sabtu oleh dua kapal penjaga pantai dan sebuah kapal angkatan laut dalam lima operasi terpisah.

Tiga kapal para migran itu berada dalam kesulitan dan mengirim permohonan minta tolong melalui telepon satelit saat mereka berada di lepas pantai Libya. Kapal-kapal Italia itu melihat dua lainnya saat menuju ke kapal-kapal bermasalah tersebut.

Para migran itu semuanya diangkut ke kapal Italia dan dibawa ke kepulauan Lampedusa atau ke sejumlah pelabuhan di Sisilia.

Sekitar 170.000 imigran masuk ke Uni Eropa melalui Italia tahun lalu dengan cara menyeberangi laut yang berbahaya. Penyeberangan mereka diselenggarakan para pedagang manusia. Mereka paling banyak berangkat dari Libya. Lebih dari 3.000 orang tewas dalam perjalan lewat laut tersebut.

Sejumlah pejabat Italia mengatakan, selama dua bulan pertama tahun ini, kedatangan kaum imigran melalui Laut Tengah naik 43 persen dibandingkan periode yang sama 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com