Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Umat Kristen Irak, Vatikan Kirim Seorang Kardinal

Kompas.com - 08/08/2014, 19:54 WIB
VATICAN CITY, KOMPAS.com — Paus Fransiskus mengirim seorang kardinal ke Irak untuk membantu ribuan umat Kristen yang mengungsi menghindari pasukan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang menduduki kota-kota di Irak utara. Demikian peryataan Vatikan, Jumat (8/8/2014).

"Kardinal Fernando Filoni, mantan duta besar Vatikan untuk Irak, dikirim ke wilayah otonomi Kurdi untuk menunjukkan dukungan spiritual Paus dan solidaritas gereja dengan orang yang sedang menderita," kata juru bicara Kepausan, Federico Lombardi.

Lombardi menambahkan, Kardinal Fernando akan berangkat ke Irak dalam waktu dekat, tetapi tidak memberikan rincian tanggal keberangkatannya.

Vatikan mendapat kritik tajam dari Gereja Kristen Timur karena dianggap tidak berbuat banyak untuk membantu kelompok minoritas Irak yang menderita, yang kini mengungsi untuk menghindari kejaran ISIS.

Sebelumnya, Paus Fransiskus menyerukan agar komunitas internasional melakukan mobilisasi untuk melindungi dan memastikan bantuan untuk warga Irak yang kini mengungsi di pegunungan dengan perbekalan yang sangat minim.

Perwakilan Vatikan untuk umat Kristen di Timur Tengah, Kardinal Leonardo Sandri, mengatakan, intervensi kemanusiaan sangat dibutuhkan untuk menghentikan eksodus umat Kristen Irak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com