Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ledakan di Xinjiang, 31 Orang Tewas

Kompas.com - 22/05/2014, 13:21 WIB
URUMQI, KOMPAS.COM — Sebuah ledakan menewaskan sedikitnya 31 orang dan mencederai 94 lainnya setelah beberapa orang melemparkan bom molotov dan menabrakkan dua mobil ke sebuah pasar di ibu kota Xinjiang, Urumqi.

Sebagaimana diberitakan kantor berita Xinhua, salah satu kendaraan meledak dalam serangan yang terjadi pada Kamis (23/5/2014) pagi.

Foto-foto saksi mata yang disebarkan melalui situs jejaring sosial China, Weibo, menunjukkan serangan terjadi tatkala pasar dipadati pengunjung.

"Saksi mata menyebutkan dua kendaraan berjalan dari utara ke selatan dan kemudian menabrak orang yang berada di pasar pada pukul 07.50 waktu setempat. Bahan peledak dilemparkan dari kendaraan," lapor Xinhua.

Insiden itu merupakan peristiwa kekerasan terkini di Xinjiang yang dihuni oleh etnik Uighur.

Bulan lalu, sebuah serangan bom terjadi di Stasiun Urumqi yang menewaskan tiga orang dan puluhan orang terluka. China menuduh kelompok separatis Uighur berada di balik serangan tersebut.

Pemerintah China mengontrol dengan ketat penyebaran informasi berkaitan insiden di wilayah tersebut, yang dilanda ketegangan antara etnik Uighur dan Han China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com