Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Pamerkan Persenjataan yang Disita dari Kapal Klos-C

Kompas.com - 10/03/2014, 22:34 WIB
EILAT, KOMPAS.com — Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu, Senin (10/3/2014), menyaksikan pembongkaran muatan kapal barang Klos-C yang dicegat AL Israel karena membawa persenjataan Iran menuju Jalur Gaza.

Puluhan wartawan dan atase militer asing berkumpul di dermaga pangkalan angkatan laut di Eilat, wilayah selatan Israel. Di sana, wartawan dan para atase militer menyaksikan semua persenjataan yang disita dari kapal Klos-C pekan lalu dipamerkan.

Dari dalam kapal itu, militer Israel menemukan 40 buah rudal jarak jauh M-302, 181 buah peluru mortar kaliber 122 milimeter, dan sekitar 400.000 peluru kaliber 7,62.

Ikut dipamerkan ratusan karung semen yang digunakan untuk menutupi persenjataan itu. Di karung-karung semen itu terdapat tulisan dalam bahasa Inggris, "Fars and Khizestan Cement Co" dan "Hormozgan Cement Company". Keduanya adalah perusahaan semen yang berbasis di Iran.

Kapal Klos-C sendiri tidak bisa disandarkan di dermaga Eilat karena terlalu besar. Juru bicara militer Israel Letnan Kolonel Peter Lerner mengatakan, kapal Klos-C dan krunya akan dibebaskan dalam beberapa hari ke depan.

Pemerintah Israel mengatakan memiliki bukti kuat bahwa Iran merencanakan dan melakukan pengiriman persenjataan untuk kelompok-kelompok militan di Jalur Gaza.

Namun, sejauh ini Pemerintah Israel belum membeberkan kepada publik bukti-bukti yang diperoleh. Sementara PM Netanyahu mengatakan bukti-bukti itu segera diungkap kepada publik.

Sejauh ini Iran membantah keterlibatannya dalam pengiriman roket-roket jarak jauh, yang menurut militer Iran bisa menghantam semua kota di Israel.

Sudah sejak lama Israel menuding Iran dan Suriah mempersenjatai kelompok Hezbollah di Lebanon dan kelompok-kelompok militan di Jalur Gaza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com