Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AL Israel Cegat Pengiriman Senjata Iran ke Jalur Gaza

Kompas.com - 05/03/2014, 20:40 WIB
JERUSALEM, KOMPAS.com - Militer Israel, Rabu (5/3/2014), mengklaim berhasil mencegat sebuah kapal di Laut Merah yang membawa "senjata canggih" dari Iran untuk kelompok militan di Gaza.

Militer Israel mengatakan senjata-senjata yang dibuat di Suriah itu dikirimkan dulu ke Iran sebelum dikapalkan menuju Jalur Gaza.

"Dalam sebuah operasi laut yang rumit dini hari tadi, angkatan laut berhasil mencegat sebuah kapal barang di perairan internsional antara Sudan dan Eritrea. Kapal itu membawa persenjataan canggih dari Iran," kata Letnan Kolonel Peter Lerner kepada wartawan.

"Kapal itu membawa puluhan roket darat ke darat M302 yang dibuat di Suriah," lanjut Lerner sambil menambahkan awak kapal bernama Klos-C itu sangat koperatif dengan aparat Israel.

Sebelumnya militer Israel mengatakan berhasil mencegah penyelundupan persenjataan canggih dari Iran yang ditujukan untuk organisasi teroris di Jalur Gaza.

Di hari yang sama, Israel mengklaim telah menembak dua tersangka anggota kelompok Hezbollah Lebanon, saat mencoba menanam bom di perbatasan Israel-Suriah.

Insiden itu terjadi hanya sepekan setelah Israel menggelar serangan udara ke posisi Hezbollah di perbatasan Lebanon-Suriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com