Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Berisi Senjata Asal Iran Akan Dibawa ke Israel pada Sabtu

Kompas.com - 06/03/2014, 15:17 WIB
JERUSALEM, KOMPAS.COM — Sebuah kapal yang Israel klaim sedang membawa sejumlah roket canggih asal Iran ke Gaza akan dibawa ke pelabuhan pada Sabtu. Militer Israel mengatakan, kapal itu telah dicegat pasukan angkatan laut Israel di tengah laut.

"Kapal tersebut, yang mengangkut puluhan roket jenis M302 yang berdaya jangkau 150 sampai 200 kilometer, saat ini berada utara Port Sudan dan akan tiba di Eilat Sabtu malam," kata Jenderal Motti Almoz kepada radio militer, Kamis (6/3/2014). "Begitu tiba, kami akan periksa apakah ada senjata dan amunisi lain atau tidak di kapal itu," katanya.

Israel mencegat kapal "Klos-C" itu di Laut Merah antara Eritrea dan Sudan pada Rabu. Israel mengklaim bahwa ada senjata buatan Suriah di kapal itu. Senjata-senjata itu dikirim dulu lewat darat ke Iran dan kemudian seterusnya dikirim melalui laut ke militan Palestina di Gaza.

Israel sudah lama menuduh Iran dan Suriah memberikan bantuan militer kepada Hezbollah dan kelompok militan Palestina. Kantor juru bicara militer Israel berkicau di Twitter bahwa kapal itu membawa senjata "yang mampu menyerang wilayah mana saja di Israel".

Saluran televisi Iran yang berbahasa Arab, Al-Alam, mengutip seorang seorang pejabat militer republik Islam itu yang menyangkal laporan Israel tersebut. Pejabat menyebut tuduhan Israel itu sebagai "benar-benar tanpa dasar".

Kemarin, Israel juga mengklaim telah menembak dua tersangka anggota kelompok Hezbollah Lebanon, saat mencoba menanam bom di perbatasan Israel-Suriah. Insiden itu terjadi hanya sepekan setelah Israel menggelar serangan udara ke posisi Hezbollah di perbatasan Lebanon-Suriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com