Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wabah Penyakit Kaki dan Mulut di Korut, Korsel Siap Bantu

Kompas.com - 24/02/2014, 17:28 WIB
SEOUL, KOMPAS.com - Pemerintah Korea Selatan, Senin (24/2/2014), menawarkan pengiriman vaksin dan peralatan medis ke Korea Utara untuk membantu mengatasi wabah penyakit kuku dan mulut yang menimpa hewan ternak negeri itu.

Tawaran itu disampaikan beberapa hari setelah Korea Utara mengkonfirmasi wabah penyakit mulut dan kuku yang sangat menular itu terjadi di sebuah peternakan babi di pinggiran ibu kota Pyongyang.

Penyakit itu kemudian dengan cepat menyebar ke berbagai peternakan lain di sekitar ibu kota dan pedesaan, yang mengakibatkan ribuan ekor ternak terpaksa dimusnahkan. Demikian kantor berita KCNA mengabarkan.

Kabar itu menimbulkan kekhawatiran terkait dampak wabah tersebut, terutama karena minimnya obat-obatan, peralatan diagnosa, dan kesulitan mendapatkan disinfektan yang aman.

"Dalam proposal hari ini, kami menyerulan pembicaraan untuk pengiriman darurat vaksin dan peralatan medis ke Korea Utara," kata seorang pejabat Kementerian Unifikasi Korea Selatan.

Namun, kata pejabat itu, sejauh ini belum diperoleh tanggapan dari pemerintah Korea Utara.

Sebelumnya, kerja sama semacam ini sudah pernah dijalankan. Pada 2007, Korea Selatan juga mengirimkan obat-obatan dan tenaga medis untuk mengatasi wabah kaki dan mulut.

Pada 2011, wabah ini menyerang seluruh semenanjung Korea yang berakibat lebih dari tiga juta ekor ternak hanya di Korea Selatan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com