Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Sudan Tiba di Sudan Selatan Bicarakan Konflik

Kompas.com - 06/01/2014, 16:29 WIB
JUBA, KOMPAS.com — Presiden Sudan Omar al-Bashir, Senin (6/1/2014), tiba di ibu kota Sudan Selatan, Juba, untuk mendiskusikan pemberontakan bersenjata yang sudah berlangsung tiga pekan di negeri termuda di dunia itu.

Di bandara Juba, Bashir disambut Wakil Presiden Sudan Selatan James Wani Igga, sebelum melanjutkan perjalanan ke istana kepresidenan untuk bertemu Presiden Sudan Selatan Salva Kiir.

Bashir tidak memberikan komentar apa pun saat tiba di Sudan Selatan. Namun, pada Minggu (5/1/2014), Khartoum memastikan bahwa Pemerintah Sudan sangat ingin melihat proses politik di Sudan Selatan bisa menghasilkan perdamaian.

Kementerian Luar Negeri Sudan menegaskan, Pemerintah Sudan menawarkan bantuan untuk memastikan inisiatif perdamaian yang diprakarsai IGAD—blok regional Afrika Timur—mencapai kesuksesan.

Konflik bersenjata di Sudan Selatan pecah pada 15 Desember lalu antara pasukan yang loyal kepada Presiden Kiir dan milisi-milisi etnis serta komandan-komandan militer yang membangkang pimpinan mantan Wapres Riek Machar, yang dipecat dari jabatannya pada Juli tahun lalu.

Sudan Selatan resmi menjadi negara merdeka pada 2011 setelah berperang melawan Khartoum selama puluhan tahun. Meski telah merdeka, Sudan Selatan yang kaya minyak bumi sangat tergantung pada Sudan dan pelabuhannya untuk mengekspor minyaknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com