Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama: Mandela, Penggenggam Sejarah

Kompas.com - 06/12/2013, 06:05 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber
WASHINGTON, KOMPAS.com — Presiden kulit hitam pertama Amerika Serikat Barack Obama, Kamis (5/12/2013), berkabung untuk Nelson Mandela, pemimpin Afrika Selatan yang diumumkan meninggal pada Kamis malam atau Jumat (6/12/2013) pagi waktu Indonesia.

Obama menyatakan, Mandela adalah orang yang sangat baik. "Dia telah menggenggam sejarah. Dia menarik tali busur semesta moral menuju keadilan," kata Obama sesaat setelah kabar kematian Mandela diumumkan oleh Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma.

Kedua pemimpin itu baru bertemu satu kali pada 2005. Namun, Obama mengatakan, dia masuk ke dunia politik karena terinspirasi Mandela. Obama menyampaikan pidato dukacitanya itu tak lebih dari 45 menit setelah pengumuman dari Zuma.

"Kita mungkin tidak akan melihat sosok seperti Nelson Mandela lagi," kata Obama dalam pernyataan yang disiarkan langsung oleh beragam televisi. Dia menyebut Mandela sebagai pahlawan politik, "Karena dia mengorbankan kebebasan dirinya sendiri untuk kebebasan orang lain."

Perjuangan Mandela sejak dari penjara sampai menjadi Presiden Afrika Selatan, menurut Obama, telah membebaskan Afrika Selatan dan seluruh dunia. "Mengubah Afrika semua dan kita semua." Obama menyebutkan semua yang dikerjakan Obama melebihi apa pun yang dapat diharapkan dari seorang manusia.

"Hari ini dia berpulang. Kami kehilangan manusia paling berpengaruh, berani, dan sangat baik," kata Obama. "Dia bukan milik kita lagi. Dia telah menjadi milik sejarah."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com