Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Polisi Irak Tewas dalam Serangkaian Serangan

Kompas.com - 17/11/2013, 04:07 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com -Serangkaian serangan di Baghdad dan Irak utara menewaskan empat polisi dan belasan orang terluka pada Sabtu (16/11/2013), dalam gelombang pertumpahan darah nasional terbaru yang telah berlangsung selama beberapa bulan. Lonjakan kekerasan yang menewaskan lebih dari 5.600 orang sejauh tahun ini memaksa Irak meminta bantuan internasional guna memerangi militansi hanya beberapa bulan sebelum pemilihan umum pertama dalam empat tahun dilangsungkan, tulis AFP.

Kekerasan yang ditargetkan pada polisi Sabtu terjadi di ibu kota dan utara kota utama Mosul.

Di Baghdad, dua pengeboman terpisah menargetkan patroli polisi menewaskan tiga penegak hukum itu dan melukai 11 orang lainnya, pejabat keamanan dan petugas medis.

Sementara itu, di Mosul, gerilyawan menembaki sebuah pos pemeriksaan polisi, menewaskan seorang polisi dan melukai yang lain.

Kerusuhan itu adalah yang terbaru dalam gelombang serangan berlarut-larut telah mendorong kekerasan ke tingkat tertinggi sejak 2008, ketika Irak pulih dari perang sektarian Sunni-Syiah terburuk.

Perdana Menteri Nuri al-Maliki telah menyerukan bantuan kepada Washington dalam bentuk berbagi intelijen yang lebih besar dan pengiriman tepat waktu sistem senjata baru dalam upaya mengekang pertumpahan darah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com