Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Jepang Ciptakan Kacamata Penerjemah

Kompas.com - 01/10/2013, 12:05 WIB

TOKYO, KOMPAS.com — Salah satu operator seluler terbesar di Jepang memamerkan produk barunya berupa kacamata yang diklaim bisa menerjemahkan bahasa asing.

Kacamata cerdas buatan NTT DoCoMo ini dapat memproyeksikan gambar dari teks yang sebelumnya diterjemahkan dari kata atau karakter yang tidak familiar, kata perusahaan itu.

Kacamata juga memungkinkan pemakai untuk melihat dan memanipulasi gambar virtual.

Teknologi yang dapat langsung dipakai ini telah didemonstrasikan di pameran barang-barang elektronik CEATEC 2013 di Jepang.

NTT DoCoMo mengatakan bahwa kacamata cerdas ini bisa menguntungkan bagi wisatawan.

"Teknologi pengenalan karakter memungkinkan terjemahan bahasa secara instan bagi pengguna yang bepergian ke luar negeri, membaca menu restoran dan dokumen lainnya," kata NTT DoCoMo.

Kacamata yang masih pada tahap penelitian ini dapat menerjemahkan teks ke dalam bahasa Jepang, Inggris, China, dan Korea.

Selain itu, kacamata ini juga menggunakan perangkat lunak pengenalan wajah untuk menampilkan informasi pribadi seseorang yang berada dalam pandangan, perusahaan itu menambahkan.

Data tersebut diambil dari pusat data yang digunakan telepon pintar.

Sementara itu, konsultan teknologi untuk konsumen dari IDC, Jonathan Gaw, mengatakan kepada BBC bahwa kacamata cerdas ini masih memiliki berbagai masalah terkait ukuran, berat, dan panjang umur baterai.

Ia menyebut produk ini memiliki "potensi yang luar biasa, tetapi banyak tantangan".

Belakangan ini para produsen berlomba memproduksi benda-benda teknologi canggih yang dapat dipakai oleh para konsumen seperti Google Glass dan jam tangan pintar produksi Samsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com