Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Barat Cabut Sanksi, Iran Siap Tutup Reaktor Nuklir

Kompas.com - 17/09/2013, 15:47 WIB
TEHERAN, KOMPAS.com — Presiden Iran Hassan Rohani dikabarkan bersedia menutup fasilitas nuklir Fordow di kota Qom jika negara-negara Barat bersedia mencabut semua sanksi terhadap Iran.

Demikian ungkap sejumlah sumber intelijen kepada harian terbitan Jerman Der Spiegel, Senin (16/9/2013).

Berbagai sanksi yang dijatuhkan Washington akibat perselisihan soal program nuklir Iran membuat berbagai entitas bisnis AS tak bisa melakukan hubungan dagang dengan Iran.

Sejumlah sumber intelijen yang dikutip Der Spiegel, mengatakan, Hassan Rohani juga akan mengizinkan tim pengawas internasional untuk mengawasi penutupan reaktor nuklir Fordow.

Sementara itu, pemimpin spiritual Iran Ayatollah Ali Khamenei telah memberikan lampu hijau bagi Rohani untuk menggelar pembicaraan langsung dengan Amerika Serikat.

Hossein Mousavian, mantan juru bicara negosiator nuklir Iran, menyampaikan kabar ini dalam sebuah opini yang diterbitkan harian Jordan Times.

Rohani juga dijadwalkan akan memberikan pidato di sidang umum PBB pekan ini. Dalam pidato itu diharapkan Rohani menegaskan kembali komitmennya untuk mencoba meringankan sanksi untuk Iran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com