Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Jadi Misteri, Ini Rumor Cara-cara yang Dipakai untuk Lenyapkan Jenazah Kashoggi

Kompas.com - 02/10/2019, 12:15 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

KOMPAS.com - Kasus pembunuhan jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi telah satu tahun berlalu. Namun masih banyak pertanyaan yang tidak terjawab dalam kasus ini.

Salah satu pertanyaan yang belum terjawab hingga saat ini adalah di mana keberadaan atau apa yang dilakukan pelaku terhadap jenazah Khashoggi.

Selama rentang waktu satu tahun ini, ada banyak versi maupun teori yang mengemuka terkait apa yang terjadi pada tubuh Khashoggi usai dibunuh.

Jamal Khashoggi, yang diketahui salah satunya menulis untuk surat kabar AS, The Washington Post, terakhir kali terlihat saat memasuki kantor konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, pada 2 Oktober 2018.

Baca juga: Setahun Berlalu, Kasus Pembunuhan Khashoggi Masih Diselimuti Misteri

Namun menurut tunangannya Hatice Cengiz, yang menunggu di luar gedung konsulat, Khashoggi tidak terlihat meninggalkan gedung itu. Lantas di mana jenazah sang jurnalis?

Berikut ini sejumlah rumor yang sempat beredar mengenai apa yang terjadi pada jenazah Khashoggi usai sang jurnalis dihabisi:

1. Dimutilasi dan Dibawa ke Riyadh

Pemerintah Turki termasuk salah satu pihak yang paling peduli dengan kasus pembunuhan Khashoggi, karena terjadi di wilayah mereka.

Menurut sumber intelijen Turki, jasad Khashoggi sudah tidak berada di gedung konsulat di Istanbul, melainkan telah dibawa oleh pengawal pribadi Pangeran Mohammed bin Salman ke Riyadh menggunakan tas besar setelah sebelumnya dimutilasi.

Pengawal yang membawa potongan tubuh Khashoggi itu, menurut sumber intelijen yang dikutip Middle East Eye, bernama Maher Abdulaziz Mutrib.

Dia dapat membawa pergi potongan tubuh tersebut tanpa ketahuan pihak bandara karena menggunakan jet pribadi dan ruang tunggu VIP di bandara Ataturk, sehingga tidak menjalani pemeriksaan.

Baca juga: Turki Yakin Pengawal MBS Bawa Potongan Tubuh Khashoggi ke Riyadh

2. Tewas Disuntik Cairan Mematikan dan Dimutilasi

Jaksa Agung Arab Saudi Saud al-Mojeb yang membeberkan sempat mencoba membeberkan kronologi pembunuhan Khashoggi di gedung konsulat di Istanbul.

Dikatakan Mojeb, operasi pembunuhan Khashoggi melibatkan hingga 21 orang, dengan 11 di antaranya menjalani persidangan dan lima orang dituntut hukuman mati.

Disampaikan Mojeb, Khashoggi tewas setelah disuntik cairan mematikan. Selanjutnya jenazahnya dimutilasi dan diserahkan ke agen yang telah menunggu di luar gedung konsulat.

Baca juga: Jamal Khashoggi Tewas karena Suntikan Mematikan Sebelum Dimutilasi

3. Dimutilasi dalam Waktu 30 Menit

Tiga jurnalis Daily Hurriyet, yakni Abdurrahman Simsek, Nazif Karaman, dan Ferhat Unlu menulis sebuah buku yang berjudul Diplomatic Atrocity: Dark Secrets of the Khashoggi Murder.

Dalam buku yang ditulis berdasarkan rekaman suara pembunuhan itu menggambarkan detail detik-detik sebelum Khashoggi hingga dimutilasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com