Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setahun Berlalu, Kasus Pembunuhan Khashoggi Masih Diselimuti Misteri

Kompas.com - 02/10/2019, 07:06 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

KOMPAS.com - Tepat satu tahun lalu, pada 2 Oktober 2018, dunia dikejutkan dengan kasus dugaan pembunuhan seorang jurnalis berkebangsaan Arab Saudi, Jamal Khashoggi.

Khashoggi, yang dikenal sebagai pengkritik kerajaan Saudi, diduga "dihabisi" di dalam gedung konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, di mana dia terakhir kali terlihat.

Sempat disangkal oleh pemerintah, namun kerajaan Saudi akhirnya mengakui bahwa Khashoggi telah dibunuh walau hingga kini jasadnya tidak pernah ditemukan.

Berbagai spekulasi pun muncul tentang apa yang sebenarnya terjadi pada Khashoggi. Banyak teori yang beredar dengan bukti masing-masing, namun tidak banyak yang kemudian bisa dikonfirmasi.

Baca juga: 5 Fakta Jamal Khashoggi, Jurnalis Arab Saudi yang Hilang di Turki...

Yang masih diliputi misteri hingga satu tahun berlalu termasuk siapa dalang di balik kasus pembunuhan yang diduga sarat dengan muatan politik ini.

Memperingati satu tahun berlalunya kasus pembunuhan Khashoggi, berikut ini ringkasan perkembangan yang terjadi:

Tak Pernah Keluar dari Konsulat

Jamal Khashoggi terakhir kali terlihat saat memasuki gedung konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, pada 2 Oktober 2018.

Kedatangannya ke gedung tersebut adalah untuk mengurus dokumen yang dibutuhkan untuk menggelar pernikahan dirinya dengan tunangannya, Hatice Cengiz.

Namun Khashoggi tidak pernah keluar dari gedung konsulat dan tunangannya pun melaporkan hal itu, memunculkan dugaan bahwa jurnalis surat kabar The Washington Post itu telah dibunuh.

Pada 5 Oktober 2018, sebuah wawancara dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman yang dilakukan Bloomberg dirilis, di mana pangeran mengatakan bahwa Khashoggi tidak ada di konsulat dan pemerintah Saudi tidak menyembunyikan apa pun.

Baca juga: Raibnya Jamal Khashoggi, Seorang Jenderal Jadi Kambing Hitam

Namun sehari kemudian, sebuah sumber yang dekat dengan pemerintah Turki mengatakan bahwa polisi meyakini jika Khashoggi telah dibunuh di dalam gedung konsulat oleh tim khusus yang dikirim ke Istanbul dan pergi pada hari yang sama.

Pemerintah Saudi membantah laporan itu dan menyebutnya sebagai klaim yang tidak berdasar.

Diduga Dimutilasi

Pada 7 Oktober 2018, laporan The Washington Post mengutip pernyataan pejabat AS yang mengatakan bahwa tubuh Khashoggi telah dimutilasi dan dipindahkan dalam kotak serta diterbangkan ke luar negeri.

Dalam perkembangannya, sebagai versi lain dari cara penghilangan jasad Khashoggi bermunculan. Mulai dari penggunaan zat asam untuk melarutkan tubuhnya hingga dibakar di tungku perapian.

Namun tidak ada satupun dari dugaan-dugaan itu yang bisa dipastikan sepenuhnya.

Baca juga: Saudi Akui Jamal Khashoggi Tewas di Gedung Konsulat akibat Bertikai

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com