Kompas.com - 22/10/2018, 11:35 WIB
|

ANKARA, KOMPAS.com - Pemerintah Turki meyakini pengawal pribadi Pangeran Mohammed bin Salman membawa potongan tubuh Jamal Khashoggi keluar dari wilayah Turki.

Seorang sumber intelijen, kepada Middle East Eye, mengatakan bahwa Maher Abdulaziz Mutrib membawa potongan tubuh itu di dalam sebuah tas besar.

Mutrib, yang sering terlihat bepergian bersama sang putra mahkota Arab Saudi itu, meninggalkan Istanbul pada 2 Oktober, di hari yang sama Khashoggi dinyatakan menghilang.

Baca juga: Erdogan Janji Bakal Segera Ungkap Pembunuh Jamal Khashoggi

Mutrib meninggalkan Istanbul dengan menggunakan sebuah jet pribadi pada pukul 18.20 waktu setempat.

Tas bawaan Mutrib tidak diperiksa karena dia menggunakan ruang tunggu VIP di bandara Ataturk. Selain itu, otorita bandara juga tak memeriksa pesawat pribadi dengan nomor registrasi HZ-SK1 itu.

Mutrib dan pesawat tersebut lolos dari pemeriksaan karena mereka meninggalkan bandara sebelum peringatan hilangnya Khashoggi dikirimkan.

Jet pribadi kedua yang akan meninggalkan bandara, diperiksa secara ketat tetapi polisi tidak menemukan apapun.

Namun, para petugas mengatakan, Mutrib yang menggunakan paspor diplomatik terlihat tergesa-gesa.

Di sisi lain, sejumlah sumber di pemerintahan Saudi mengatakan, jenazah Khashoggi digulung di dalam karpet dan diserahkan kepada "kolaborator lokal" untuk dilenyapkan.

Namun, sumber keamanan Turki kemudian menyebut jenazah Khashoggi dipotong menjadi 15 bagian.

Baca juga: Tunangan Jamal Khashoggi Diberi Perlindungan 24 Jam oleh Polisi Turki

Sementara itu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bersumpah akan membeberkan semua kebenaran terkait kematian Khashoggi.

Erdogan berjanji akan membeberkan kebenaran ini pada Selasa (23/10/2018).


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.