Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disangka Spesies Langka, Burung Oranye Ini Ternyata Camar yang Kena Bumbu Kari

Kompas.com - 09/07/2019, 15:02 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

BUCKINGHAMSHIRE, KOMPAS.com - Pusat penyelamatan hewan di Inggris dikejutkan dengan seseorang yang membawa seekor burung berbulu oranye terang dan tampak seperti burung eksotis yang langka.

Burung tersebut pertama kali ditemukan seseorang di sisi jalan raya di kawasan Buckinghamshire, pekan lalu. Burung itu tidak dapat terbang, sehingga orang itu segera menghubungi rumah sakit hewan, Tiggywinkles Wildlife Hospital di Haddenham.

Dilansir New York Post, pihak rumah sakit awalnya tidak mengetahui burung apa yang dimaksud, saat menerima laporan via telepon tersebut.

Namun setelah burung itu sampai di rumah sakit, dokter memastikan bahwa itu adalah seekor burung camar biasa yang seluruh bulunya tertutup kuah kari.

Baca juga: Tendang Burung Camar yang Makan Burgernya, Pria AS Didenda Rp 1 Juta

"Ini sungguh keadaan korban paling aneh yang pernah kami lihat belakangan," kata rumah sakit dalam postingannya di Facebook, Senin (1/7/2019).

Tak hanya dari tampilan warna oranye yang terang, aroma bumbu kari dan bubuk kunyit juga tercium dengan jelas dari burung itu, membuktikan jika itu bukanlah burung langka seperti yang disangka.

"Bumbu itu melapisi seluruh bulunya, sehingga mencegahnya untuk terbang dengan benar."

"Kami tidak tahu bagaimana burung camar itu bisa sampai seperti itu, tetapi untungnya, terlepas dari warna oranye dan bau yang menyengat, burung itu dalam kondisi sehat," kata pihak rumah sakit.

Tim dokter hewan di rumah sakit pun mengambil tindakan dengan memandikan burung camar itu untuk membersihkan bulu-bulunya.

Beruntung, burung camar yang kemudian diberi nama Vinny, dari kata kari Vindaloo, itu bersedia membiarkan tim dokter untuk membantunya membersihkan bulu-bulunya.

"Burung itu sekarang sudah terlihat jauh lebih baik dan akan bisa segera dilepaskan kembali. Kami berterima kasih kepada warga baik yang menemukan dan membawa burung itu kepada kami," kata pernyataan rumah sakit.

Baca juga: Pantai Tercemar Alkohol dari Pabrik Miras, Puluhan Burung Camar Mabuk

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com