Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Pamerkan Drone Baru Mirip Burung Hantu Harry Potter

Kompas.com - 26/06/2019, 15:49 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia kembali memamerkan pesawat nirawak (drone) yang disamarkan sebagai burung hantu mirip peliharaan penyihir dalam cerita fiksi Harry Potter.

Dilaporkan Daily Mirror Selasa (25/6/2019), drone itu diciptakan untuk membingungkan musuh sehingga mereka bisa semakin mendekati target kunci saat pertempuran.

Baca juga: Gara-gara “Drone”, 2 Pesawat dari Jakarta Terlambat Mendarat di Changi

Drone itu disamarkan dalam burung hantu berbulu putih dengan sayap dan ekor yang khas, dilengkapi dengan sinar laser untuk memandu artileri pasukan.

Sinar laser itu membantu pasukan menghancurkan target musuh. Menurut laporan, militer mendapatkan desain itu dari prototipe yang dirancang siswa Akademi Zhukovsky.

Ukuran drone itu sedikit lebih besar dari burung hantu asli dengan bentang sayap sepanjang lima kaki. Desainernya mengklaim drone itu bakal tersembunyi dibanding drone konvensional.

Dikatakan drone itu mempunyai bobot lima kilogram dan mampu terbang selama 40 menit. Adapun cukup dibutuhkan satu orang untuk mengoperasikan drone itu.

Drone burung hantu itu diyakini bakal dikerahkan sebagai bagian dari militer Negeri "Beruang Merah" yang mengembangkan operasi mereka di kawasan Arktik.

Drone itu dipamerkan pameran tahunan yang diadakan Kementerian Pertahanan Rusia, Army 2019 Forum, di region Moskwa yang dilaporkan dibuka sejak Selasa.

Selain drone burung hantu, militer Rusia mengklaim menciptakan drone lain berbentuk burung elang dan dikabarkan bisa membuat suara seperti burung asli.

Namun, tidak dijelaskan kapan drone tersebut bakal dirilis. Dilaporkan Amerika Serikat (AS) juga mengembangkan drone ringan serupa yang dibuat Rusia.

Baca juga: Nyaris Picu Perang, Inilah Drone Pengintai RQ-4A Global Hawk yang Ditembak Jatuh Iran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com