Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elon Musk Akan Disidang atas Kasus Menghina Penyelam Inggris

Kompas.com - 12/05/2019, 09:47 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber BBC

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - CEO Tesla Elon Musk harus menghadapi persidangan untuk membela diri atas kicauannya di Twitter kepada seorang penyelam asal Inggris.

Musk pada tahun lalu menyebut penyelam Inggris yang ikut dalam misi penyelamatan remaja di goa Thailand sebagai seorang pedofil.

Penyelam bernama Vern Unsworth pun tak tinggal diam dengan sikap Musk. Dia melaporkan tindakan pria berusia 47 tahun itu.

Baca juga: Elon Musk: Tahun Depan Tesla Bakal Produksi Taksi Robot

Seorang hakim federal di Los Angeles telah menetapkan tanggal persidangan, yakni pada 22 Oktober 2019.

Dengan begitu, pengadilan menolak upaya Musk untuk menggugurkan gugatan pencemaran nama baik yang diajukan oleh Unsworth.

Diwartakan BBC, Minggu (12/5/2019), Unsworth membantu dalam merekrut penyelam goa Inggris yang berpengalaman untuk mengeluarkan anak-anak yang terjebak.

Elon Musk buat kapal selam untuk selamatkan para remaja Thailand yang terjebak di goa Elon Musk buat kapal selam untuk selamatkan para remaja Thailand yang terjebak di goa
Selama upaya penyelamatan berlangsung, Musk mengirim ahli dari perusahaan Tesla dan kapal selam kecil ke Thailand.

Kapal selam itu rencananya dikirim untuk membantu mengeluarkan mereka, namun alat tersebut tidak pernah dipakai.

Unsworth menyebut bantuan penyelamatan sekelompok remaja dan pelatihnya di goa Tham Luang pada Juli 2018 sebagai "aksi publisitas" Musk.

Menanggapi pernyataan itu, Musk menyebut Unsworth sebagai "pedo guy". Setelah ramai diperbincangkan, Musk segera menghapus kicauannya dan meminta maaf.

Unsworth menuntut sekitar 75.000 dollar AS atau sekitar Rp 1 miliar sebagai kompensasi dan ganti rugi dalam gugatan yang diajukan pada September 2018.

Baca juga: SpaceX Rilis Identitas Turis Pertama yang Akan Piknik ke Bulan

"Ganti rugi dan kompensasi untuk menghukum atas kesalahannya dan mencegahnya mengulangi perilaku keji seperti itu," demikian tertulis pada gugatan tersebut.

Gugatan tersebut juga meminta pengadilan untuk mencegah Musk membuat komentar lain yang bernada penghinaan,

Selain mengajukan tuntutan di California, Unsworth juga akan melayangkan gugatan terhadap Musk di Pengadilan Tinggi London.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com