Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengemudi Tanpa SIM, Seorang Polisi Wanita di Jepang Mengundurkan Diri

Kompas.com - 27/04/2019, 23:55 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Kyodo News

SAITAMA, KOMPAS.com - Seorang petugas polisi wanita di Jepang mengundurkan diri, Jumat (26/4/2019), setelah terungkap bahwa dia beberapa kali mengemudikan mobil polisi tanpa memiliki SIM.

Dilansir Kyodo News, polwan berusia 22 tahun itu telah mengemudikan mobil polisi sebanyak 10 hingga 20 kali sejak bulan November tahun lalu, meski mengetahui bahwa dirinya tidak memiliki SIM.

"Saya takut saya akan dipaksa untuk mengundurkan diri dari biro investigasi kriminal jika saya mengaku tidak memiliki SIM," kata petugas polisi wanita yang bertugas di Prefektur Saitama itu.

Polisi awalnya merujuk kasus menyangkut petugas itu, yang merupakan bagian dari urusan kriminal di Kantor Kepolisian Kawagoe, kepada jaksa penuntut untuk menjatuhkan sanksi skorsing selama enam bulan.

Baca juga: Polisi Jepang Tangkap Pencopet Veteran yang Beroperasi Sejak 1965

Laporan awal yang dirujuk ke pihak kejaksaan didasarkan pada tuduhan bahwa petugas polisi itu telah mengendarai mobil polisi tanpa SIM sebanyak empat kali di Kota Kawagoe, antara 10-15 Januari lalu.

Kasus ini bermula dari petugas polisi itu yang diperiksa berkenaan dengan kecelakaan di tempat parkir kantor polisi Kawagoe, pada 16 Januari.

Dari hasil interogasi, terungkap bahwa petugas polisi wanita itu hanya memiliki SIM untuk mengendarai kendaraan roda dua.

Sementara dalam laporan rutin yang diajukan setiap bulan April dan Oktober, petugas itu menuliskan bahwa dirinya memiliki SIM untuk mengendarai mobil berukuran sedang.

"Sungguh sangat disesalkan bahwa seorang petugas polisi telah melakukan tindakan seperti ini," ujar Kepala Inspektur Departemen Kepolisian Prefektur Saitama, Katsuhiko Kondo.

"Kami akan melakukan yang terbaik untuk memastikan insiden semacam ini tidak terulang kembali dengan memastikan para petugas kami menerima nasihat," tambahnya.

Baca juga: Lempari Kendaraan di Jalanan, Remaja Ini Dihukum Cuci Mobil Polisi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com