Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/02/2019, 22:17 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

COBBITTY, KOMPAS.com - Seorang lulusan SMA Anglican Macarthur di Cobbitty, 62 km dari Sydney, Australia, menjuarai Bahasa Indonesia se-New South Wales (NSW).

Claudia Sophie Petrin, yang bakal melanjutkan studinya di Universitas Sydney, menjadi yang terbaik dalam kategori Ekstensi.

Bahasa Indonesia merupakan salah satu pelajaran utama di Macarthur, diajarkan sebagai mata ajaran wajib sejak TK hingga SMP kelas 2.

Baca juga: Konjen RI Kaget Disapa Pakai Bahasa Indonesia oleh Siswa di Cobbitty

Kemudian menjadi mata pelajaran pilihan pada SMP kelas 3 hingga SMA kelas 3. Pelajaran itu dapat dukungan kuat dari Kepala Sekolah Dr David Nockles dan lima guru Bahasa Indonesia.

Konsul Jenderal RI di Sydney Heru Hartanto Subolo dalam sambutannya berkata, dia memberikan selamat dan bangga akan dedikasi Claudia mempelajari Bahasa Indonesia.

"Saya juga menyampaikan apresiasi kepada pihak Macarthur. Karena di balik kesuksesan seorang siswa, terdapat dukungan luar biasa sekolah, teman, dan keluarga," ucap Heru.

Jumat pagi waktu setempat (8/2/2019), Heru didampingi Konsul Hermanus Dimara dan Asisten Joanne Hajjar menghadiri pertemuan tahun ajaran baru Macarthur.

Heru dan staf KJRI Sydney lainnya hadir sebagai bentuk apresiasi atas hasil luar biasa para lulusan Macarthur pada Ujian Sertifikasi 2018 (HSC), termasuk Claudia.

Setiap tahun, KJRI Sydney dan Aosiasi Australia Indonesia (AIA) memberikan Penghargaan Lottie Maramis Prize (sertifikat dan uang tunai).

Penghargaan itu diberikan kepada para murid yang menjadi terbaik di NSW pada HSC kategori Bahasa Indonesia Pemula, Lanjutan, dan Ekstensi.

Selama dua tahun beruntun, siswa SMA Macarthur termasuk ke dalam daftar penerima Lottie Maramis Prize. Selain Ekstensi, Claudia terbaik ketiga di bidang Bahasa Indonesia Lanjutan.

Lulusan Macarthur lainnya, Kate House terbaik kedua se-NSW  di bidang Bahasa Indonesia kategori Lanjutan dan Ekstensi.

Miriam Tulevski dari Kantor Pariwisara Visit Indonesia (VITO) berkata, belajar Bahasa Indonesia mempunyai banyak manfaat.

"Termasuk alasan ekonomi dan bisnis. Dan melakukan perjalanan adalah adalah cara belajar bahasa yang menggembirakan," kata Miriam.

"Oleh karena itu, ketika ada kesempatan bepergian ke Indonesia, ambil peluang tersebut," lanjutnya di hadapan orangtua dan murid.

Baca juga: KJRI Sydney Resmikan Asosiasi Restoran Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com