Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar Bahasa Indonesia Membangun Potensi Bisnis dengan Negara di Asia

Kompas.com - 16/12/2018, 23:59 WIB
Agni Vidya Perdana

Editor

SYDNEY, KOMPAS.com - Mempelajari Bahasa Indonesia bagi warga negara asing kini tak lagi hanya sebatas untuk lebih memahami masyarakat Indonesia.

Belajar Bahasa Indonesia bagi warga negara asing kini menjadi lebih relevan untuk melakukan hubungan bisnis maupun perdagangan dengan warga Indonesia dan juga negara Asia lainnya.

Menurut Konsul Jenderal Subolo, relevansi Bahasa Indonesia untuk berbisnis dan berdagang tidak hanya berlaku dengan Indonesia.

“Belajar Bahasa Indonesia tidak hanya sebuah media signifikan dalam lebih memahami masyarakat Indonesia," kata Subolo dalam sambutannya pada kegiatan Presentasi Akhir Tahun 2018 Sekolah Pelangi Indonesia, bertempat di KJRI Sydney, Sabtu (15/12/18).

"Belajar Bahasa Indonesia juga relevan dalam melakukan bisnis dan dagang dengan Indonesia dan negara-negara Asia lainnya di masa depan," tambah Subolo.

Baca juga: Orang Muda Diimbau Utamakan Bahasa Indonesia dan Kuasai Bahasa Asing

Di masa mendatang, Bahasa Indonesia juga akan berguna untuk menjalin komunikasi bisnis maupun dagang dengan negara-negara Asia lain yang memiliki kemiripan bahasa dengan Indonesia.

Dia mencontohkan sambil merujuk pada fakta bahwa Bahasa Indonesia memiliki kemiripan dengan Bahasa Melayu di Malaysia, Singapura, dan Brunei.

"Dengan kata lain, menguasai Bahasa Indonesia berarti berpotensi untuk membangun hubungan dengan lebih dari 265 juta jiwa warga Indonesia, ditambah penduduk di Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam," ujar Subolo.

KJRI Sydney secara reguler mengadvokasi dan mempromosikan pengajaran dan pembelajaran Bahasa Indonesia pada sekolah-sekolah di New South Wales, Queensland, dan Australia Selatan – tiga negara bagian yang merupakan wilayah kerja KJRI Sydney.

Salah satu upaya mempromosikan Bahasa Indonesia adalah dengan menyediakan dan memberikan sertifikat kepada para siswa, guru, dan kepala sekolah.

Sekolah Pelangi Indonesia merupakan sebuah sekolah bahasa berbasis komunitas yang didirikan oleh para orangtua dan guru yang memiliki hubungan kuat dengan komunitas pengguna bahasa Indonesia di Australia.

Baca juga: Lomba Pidato Bahasa Asing Bukan Cuma Untuk yang Lihai Berbahasa...

Sekolah Pelangi Indonesia berada di bawah Indonesian-Australian Families Association of New South Wales Incorporated (IAFA-NSW Inc) dan didukung oleh Association of Illawara Community Languages School Inc (AICLS).

Sekolah ini memberi pelajaran kelas-kelas Bahasa Indonesia bagi para murid antara TK hingga Kelas 12 dan juga usia dewasa.

Konjen Subolo menyerahkan sertifikat dari Pemerintah New South Wales dan KJRI Sydney kepada para siswa dan juga guru sebagai bentuk dukungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com