Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/12/2018, 20:36 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber AFP

SYDNEY, KOMPAS.com - Kota Sydney di Australia akan menampilkan pertunjukkan kembang api terbesarnya untuk menyambut Tahun Baru 2019.

Sebagian besar teknik pembuatan kembang api dan petasan atau piroteknik serta efek dan warna akan menerangi cakrawala kota selama 12 menit.

Diwartakan AFP, Senin (31/12/2018), kembang api diperkirakan akan memukau lebih dari 1,5 juta penonton yang bakal memadati muka pelabuhan dan taman.

Baca juga: Kasino di Filipina Gagal Lepaskan 130.000 Balon pada Acara Tahun Baru

"Saya yakin, kita akan senang menyaksikan pelabuhan indah menyala yang tidak seperti sebelumnya," ucap Wali Kota Sydney, Clover Moore.

Badai petir tidak menyurutkan semangat orang-orang yang bersuka ria di lokasi strategis untuk menyaksikan pertunjukkan kembang api ramah keluarga yang ditampilkan lebih awal di Sydney Harbour Bridge.

Menandai tahun internasional bahasa asli pada 2019, pelabuhan tersebut juga menggelar upacara merayakan warisan Aborigin, termasuk dengan memproyeksikan animasi pada tiang jembatan.

Suasana pesta menyambut Tahun Baru tidak hanya berlaku di Sydney, kota besar lain di Asia, Eropa, Afrika, dan Amerika terus menantikan jam berdetak melewati tengah malam.

Di Hong Kong misalnya, kembang api berkilauan akan meluncur ke langit dari lima kapal tongkang di Pelabuhan Victoria selama 10 menit. Sebanyak 300.000 orang berkumpul di pantai untuk menyaksikannya.

Di Tokyo, penduduk akan berduyun-duyun ke kuil yang akan membunyikan lonceng di Tahun Baru. Sementara, petinju asal Amerika Serikat Floyd Mayweather Jr akan menghadapi Tenshin Nasukawa dalam pertandingan.

Rusia tak ketinggalan untuk memeriahkan tahun baru. Konser dan pertunjukkan cahaya akan diadakan di taman kota dan 1.000 gelanggang es di Moskwa.

Di Paris, pertunjukkan kembang api, suara, dan cahaya dengan tema "pesaudaraan" digelar meski ada rencana protes massa rompi kuning.

Baca juga: Hujan Es di Sydney Berbentuk Kembang Kol, Kok Bisa?

Sementara di Berlin, pecinta musik akan berpesta dalam sebuah konser di Bradenburg Gate.

Tradisi Jerman yang populer dengan menyalakan kembang api untuk menandai Tahun Baru telah dilarang di beberapa kota karena masalah keamanan.

Di ibu kota Inggris, kembang api akan memeriahkan suasana di London Eye yang menampilkan musik dari para seniman.

Di Edinburgh, perayaan tradisional Hogmanay akan mengusung tema pro-Eropa di tengah situasi Brexit, di mana Inggris akan keluar dari Uni Eropa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com