Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akan Dieutanasia, Seekor Kuda yang Terluka Kabur ke Jalan Raya

Kompas.com - 10/12/2018, 19:55 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

FLORIDA, KOMPAS.com - Seekor kuda ditemukan dalam keadaan luka di tepi jalan raya di Florida. Diketahui kemudian bahwa kuda tersebut kabur saat hendak dibawa untuk dieutanasia.

Melansir dari Miami Herald, kuda tersebut ditemukan di tepi ruas jalan raya Interstate 75, utara kota Micanopy, Florida, pada Jumat (30/11/2018).

Pihak berwajib kini tengah mencari pengendara truk yang membawa kuda tersebut. Sopir truk terancam melanggar undang-undang karena telah menelantarkan hewan jinak itu.

Kantor Sheriff Alachua County melaporkan, kasus penemuan kuda yang kabur itu berawal dari informasi yang disampaikan warga di media sosial.

"Diketahui kemudian, kuda berusia 12 tahun itu sudah tidak diinginkan oleh pemiliknya," kata juru bicara kantor sheriff, Art Forgey.

Baca juga: Sebuah Mal di China Pakai Kuda Poni Asli untuk Wahana Komidi Putar

"Kemungkinan orang yang ditugaskan mengantarkan kuda itu tidak mengunci pintu trailer dengan benar atau hewan tersebut yang telah menendangnya hingga terbuka," kata Forgey.

Disampaikan Forgey, pihaknya mendapat informasi dari seorang pengendara truk yang melaporkan melihat sebuah truk pengangkut kuda dengan pintu trailer yang terbuka.

"Dia memberi tahu sopir truk trailer itu yang kemudian menepi untuk menutup pintu trailer. Namun kemudian langsung berlalu seolah tidak terjadi apa-apa," kata Forgey.

Petugas dari kantor sheriff kemudian mendapati laporan tentang seekor kuda yang ditemukan di lahan rerumputan di tepi jalan.

Kantor sheriff kemudian menjadikan pengemudi truk trailer sebagai tersangka dan sedang menyiapkan surat perintah untuk penangkapannya dengan tuduhan menelantarkan hewan. Demikian disampaikan Forgey kepada Miami Herald.

Kuda yang diberi nama Highway oleh petugas, mengacu pada lokasi ditemukannya, yakni di jalan raya, itu kemudian dibawa ke pusat pertolongan kuda, Stolen Horse International.

Saat ditemukan, kuda tersebut mengalami sejumlah ruam, luka pada persendian, dan sejumlah luka memar.

Setelah dibawa ke Klinik Dokter Hewan Khusus Kuda Springhill di Ocala untuk mendapat operasi dan perawatan lain, kini kuda itu berangsur pulih.

Baca juga: Kuda Pacuan Berlarian di Dalam Bar, Pengunjung Panik

Forgey mengatakan, banyak warga yang menyampaikan dukungannya bagi hewan itu. Bahkan, kantor sheriff mengaku mendapat tawaran untuk merawat kuda, hingga dari Australia.

"Kuda ini akan diurus dengan baik dan semoga akan bisa tampil menyapa warga di laman Facebook kami dari waktu ke waktu," tulis pernyataan Kantor Sheriff Alachua County melalui laman Facebook mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com