Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Ancam Bakal Gunakan Opsi Militer kepada Iran

Kompas.com - 30/11/2018, 19:26 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Newsweek

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Amerika Serikat (AS) memperingatkan Iran mereka tak segan-segan untuk mengambil opsi menggelar operasi militer.

Pernyataan tersebut disampaikan Utusan Khusus Kementerian Luar Negeri untuk Iran Brian Hook dalam konferensi pers di Markas Gabungan Anacostia-Bolling.

Baca juga: Presiden Iran Sebut Negaranya Siap Bantu Arab Saudi Lepas dari AS

Diwartakan Newsweek Kamis (29/11/2018), dalam pangkalan itu dipamerkan berbagai jenis potongan benda yang diduga senjata milik Iran.

Di antaranya adalah rudal balistik maupun perlengkapan tempur dari kelompok paramiliter yang berhubungan dengan Iran.

Hook berargumen Teheran sudah menyediakan banyak persenjataan kepada kelompok tersebut baik di Yaman, Suriah, hingga Irak.

Hook mengutip ucapan Presiden Donald Trump yang menjanjikan aksi "cepat dan menentukan" dan meminta Iran untuk memahaminya.

"Sepertinya kami sudah menyampaikan dengan jelas kepada rezim Iran bahwa kami tak ragu untuk menggunakan operasi militer jika kepentingan kami terancam," terang Hook.

"Saya rasa saat ini ketika kami mempunyai opsi militer di meja, kami harus menggunakan semua senjata kami dengan benar," lanjutnya.

Presentasi Hook terjadi setahun setelah Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley menggelar kegiatan serupa di tempat yang sama.

Haley menggelar pernyataan resmi setelah Houthi menembakkan rudal balistik jarak dekat Burkan H2 dengan target Bandara King Khaled November 2017 lalu.

Arab Saudi mengklaim sistem pertahanan anti-serangan udaranya berhasil mencegat rudal yang ditembakkan dari Yaman tersebut.

Houthi menguasai Yaman setelah melengserkan Presiden Abd-Rabbo Mansour Hadi yang diakui dunia internasional, dan membuat Saudi melakukan intervensi pada 2015.

Baca juga: Iran Ancam Rudalnya Bisa Serang Pangkalan AS di Kawasan Teluk

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com